HONDA

Banyak Tumbuh di Indonesia, Ternyata Tanaman Pepaya Jepang Berasal dari Meksiko

Banyak Tumbuh di Indonesia, Ternyata Tanaman Pepaya Jepang Berasal dari Meksiko

Ternyata tanaman pepaya Jepang berasal dari Meksiko, banyak tumbuh di Indonesia.--Badri/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tanaman Chaya yang banyak tumbuh di Indonesia ini lazim disebut masyarakat dengan pepaya Jepang.

Ternyata tanaman yang lezat untuk disayur dan obat-obatan tradisional ini bukan berasal dari negara Jepang maupun tanaman Nusantara melainkan tanaman asli dari Semenanjung Yucatan, Meksiko.

Pepaya Jepang, sudah dibudidayakan secara luas di Amerika Tengah.

Tekstur daun yang menyerupai daun pepaya atau kates ini sehingga lazim disebut masyarakat Indonesia dengan Pepaya Jepang namun secara kekerabatan lebih dekat dengan singkong.

BACA JUGA:Atasi Penyakit Infeksi Saluran Kemih, Berikut 4 Manfaat Lain Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan

Di Yucatan Meksiko tanaman ini diolah sebagai makanan maupun obat-obatan yang dipercaya sebagai suplemen makanan yang kekurangan gizi, mengendalikan penyakit diabetes, radang sendi, dan penyakit ringan lainnya.

Daun chaya kering juga digunakan untuk pakan ternak dan bahan kompos untuk pupuk pertanian. 

Di Indonesia daun Chaya muda sangat lezat dengan cara ditumis ataupun dicampur dengan bahan makanan lain.

Bisa juga oseng daun pepaya Jepang atau sup daun Chaya sama hal dengan mengolah daun ubi untuk lalapan menambah nafsu makan. 

BACA JUGA:Cara Membuat Kondisioner Alami Dari Tanaman Lidah Buaya, Rambut Jadi Lembut dan Sehat

Sedangkan ditinjau dari manfaat untuk obat-obatan Chaya merupakan komponen penting dari makanan rutin dan pengobatan tradisional masyarakat adat di Meksiko. 

Biasanya Chaya dikonsumsi sebagai minuman yang terbuat dari daun maserasi, dimasak, atau diolah menjadi teh atau infus untuk secara empiris mengobati obesitas, diabetes, gangguan pencernaan, dan batu ginjal.

Efek menguntungkan dari Chaya dapat dikaitkan dengan adanya protein, serat makanan, vitamin, dan terutama polifenol, yang mengatur fungsi mitokondria.

Untuk membudidayakannya tidak terlalu sulit hanya mengambil batang tanaman Chaya kemudian ditancapkan ke tanah sama dengan cara menanam singkong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: