HONDA

Gandeng Dinkes Pada Peringatan Hari Aids Sedunia, Lapas Kelas IIA Curup Skrining HIV/AIDS Kepada WBP

Gandeng Dinkes Pada Peringatan Hari Aids Sedunia, Lapas Kelas IIA Curup Skrining HIV/AIDS Kepada WBP

Gandeng Dinkes Pada Peringatan Hari Aids Sedunia, Lapas Kelas IIA Curup Skrining HIV/AIDS Kepada WBP--badri/rb

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Bertepatan dengan hari Aids Sedunia, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong menggelar Skrining HIV Aids, sifilis dan hepatitis khususnya kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat 1 Desember 2023.

Kepala Lapas Kelas IIA Curup, Ronaldo Devinci Talesa pada rakyatbengkulu.com mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini untuk mendeteksi dini gejala Aids, IMS dan TB serta edukasi pencegahan sejak dini. 

"Selain itu juga dilakukan konsultasi terhadap WBP terkait keluhan maupun faktor resiko yang akan diterima apabila sampai terinfeksi HIV Aids," ungkap Kalapas.

Disebutkan kalapas, seluruh WBP yang mengikuti skrining HIV Aids ini dalam rangka upaya deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular dan deteksi dini penyakit HIV AIDS.

BACA JUGA:Tim Gabungan Razia Dadakan di Lapas Kelas IIA Curup, Petugas Temukan Benda Ini

"Secara bertahap seluruh WBP akan diskrining, dan kegiatan ini kerjasama dengan Dinas Kesehatan kabupaten Rejang Lebong, lembaga swadaya masyarakat dalam rangka memperingati hari AIDS Sedunia yang jatuh pada hari ini," terang Kalapas.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Heri Wartono menuturkan pelaksanaan pemeriksaan skrining yang dilaksanakan ini diantaranya adalah pemeriksaan fisik yang meliputi pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, pengukuran lingkar perut, pengukuran suhu tubuh, pengukuran saturasi oksigen, pengukuran tekanan darah, TB juga IMS serta pemeriksaan HIV AIDS, Sifilis dan hepatitis.

"Tentu WBP juga diwawancarai terkait riwayat penyakit pada diri sendiri dan riwayat penyakit pada keluarga warga binaan.

Termasuk kebiasaan apakah merokok, kurang aktivitas fisik, kurang kakan buah dan sayur dan minum alkohol," papar Heri Wartono.

BACA JUGA:Rp22,7 Miliar Ludes untuk Bahan Makanan Tahanan di Lapas dan Rutan: Terbesar Lapas Kelas IIA Bengkulu

Selain itu, sambung Heri Wartono juga dibuka ruang konsultasi dan edukasi hasil pemeriksaan termasuk mengedukasi pola hidup sehat walaupun dalam Lapas Kelas IIA Curup.

"Harapan kita kegiatan ini dapat berkesinambungan, tidak hanya dalam rangka hari AIDS Sedunia, dan bisa menjadi agenda rutin setiap sebulan sekali oleh Puskesmas terdekat guna menjaga kesehatan serta pencegahan sedini mungkin, " demikian Heri Wartono.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: