HONDA

Tak Disangka! Tanaman Tempuyung Bermanfaat untuk Kesehatan Organ Ginjal

Tak Disangka! Tanaman Tempuyung Bermanfaat untuk Kesehatan Organ Ginjal

Tanaman tempuyung ternyata bermanfaat untuk kesehatan organ ginjal.--Foto: Facebook.com/Pelangibunga

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Walaupun tanaman tempuyung ini tidak sepopuler jahe, kunyit, serai ataupun tanaman obat yang lain, namun tanaman tempuyung ini mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia.  

Ada banyak bukti dan juga penelitian ilmiah yang mendukung manfaat dari tanaman tempuyung untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Banyak fakta yang menyatakan kalau tanaman ini mempunyai banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Tanaman tempuyung ini mempunyai nama ilmiah sonchus arvensis, dimana tanaman ini kurang dikenal oleh masyarakat dikarenakan jarang untuk dibudidayakan ataupun diperdagangkan. 

BACA JUGA:Ini ! Tanaman dan 7 Bahan Alami Paling Ampuh Usir Tikus

Banyak yang menyangka kalau tanaman ini rumput atau gulma yang harus diberantas dan dianggap mengganggu tanaman yang dibudidaya.

Tanaman tempuyung merupakan tanaman semusim, mempunyai bentuk tegak yang tingginya bisa mencapai 2 meter, memiliki batang lunak, berlubang dan berwarna hijau.

Tanaman tempuyung ini memiliki daun tunggal yang berkerumun, dengan tepi daunnya bergerigi dan bertoreh.

Adapun bentuk bunga tanaman tempuyung ini memiliki bentuk malai dengan helaian mahkota halus, berlepasan dan warna kuning.

BACA JUGA:Buah Apel Ampuh Mengatasi Asam Urat, Termasuk Sari Lemon dan Tanaman Jelatang

Pada saat tanaman tempuyung ini belum berbunga, sekilas tanaman ini mirip dengan tanaman  tapak liman yang memiliki nama ilmiah elephantopus scaber dikarenakan bentuk daunnya yang mirip. 

Diketahui daun tanaman tempuyung ini berwarna hijau muda, lebih tipis dan juga bergerigi rapat sedangkan daun tapak liman berwarna hijau tua dan daunnya lebih tebal, tepi daunnya bergelombang lebar. 

Pada kedua tanaman ini lebih mudah dibedakan ketika tanaman ini berbunga. Bunga tanaman tempuyung berwarna kuning sedangkan tanaman tapak liman berbunga ungu.

Terdapat sebuah penelitian ilmiah tentang penggunaan tanaman tempuyung, pada tanaman tempuyung ini terkandung senyawa flavonoid serta turunannya yang seperti kaempferol dan quersetin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: