HONDA

Tak Disangka! Tanaman Tempuyung Bermanfaat untuk Kesehatan Organ Ginjal

Tak Disangka! Tanaman Tempuyung Bermanfaat untuk Kesehatan Organ Ginjal

Tanaman tempuyung ternyata bermanfaat untuk kesehatan organ ginjal.--Foto: Facebook.com/Pelangibunga

Radikal bebas menurut penelitian terbukti menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker, aterosklerosis, penyakit kardiovaskuler, dan juga penuaan. 

Maka penggunaan antioksidan merupakan salah satu alternatif terapi untuk mengurangi radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh. 

Ekstrak etanol yang tetdapat pada daun tanaman tempuyung mempunyai aktivitas antioksidan terhadap radikal bebas.

BACA JUGA:Tak Perlu Shampoo Mahal, Cukup Gunakan Tanaman Lidah Buaya, Ketombe di Kepala Hilang Seketika !

4. Antihiperurisemia

Diketahui hiperurisemia merupakan kelebihan kadar asam urat di dalam darah. Daun tempuyung ini bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat. 

Daun tanaman tempuyung memiliki kandungan senyawa aktif flavonoid yang merupakan antioksidan alami, dimana senyawa ini bisa menghambat produksi enzim xantin oksidase yang berpotensi sebagai antihiperurisemia.

5. Antihipertensi

Karena adanya kandungan flavonoid dan kalium di dalam tanaman tempuyung yang bermanfaat untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Manfaat Kesehatan Luar Biasa Tanaman Herbal Lokal Daun Capo, Tak Hanya Ampuh Turunkan Demam

Tanaman tempuyung ini mudah untuk tumbuh di daerah yang lembap. Tanaman Tempuyung ini memiliki biji yang kecil, halus dan juga ringan yang sangat mudah diterbangkan oleh angin.

Karena itulah persebaraan tempat tumbuhnya cukup luas, untuk benih tanaman tempuyung yang telah disimpan lebih dari satu bulan tidak bisa dipakai untuk ditanam dikarenakan daya kecambahnya cepat menurun. 

Tanaman tempuyung yang masih muda tidak tahan terhadap intensitas cahaya matahari yang tinggi, maka disarankan diletakkan di tempat yang teduh sampai 1 hingga 2 minggu.

Tanaman tempuyung bisa dipanen lebih kurang berumur 2 bulan setelah tanam, dan selanjutnya dilakukan lagi dalam interval 2 hingga 4 minggu.

Nah itulah tadi manfaat tanaman tempuyung untuk kesehatan organ ginjal dan juga untuk kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: