HONDA

Terakhir Meletus di Tahun 1952, Bukit Kaba di Bengkulu Rekomendasi untuk Wisata Alam Liburan Akhir Tahun

Terakhir Meletus di Tahun 1952, Bukit Kaba di Bengkulu Rekomendasi untuk Wisata Alam Liburan Akhir Tahun

Bukit Kaba di Bengkulu yang terakhir meletus di tahun 1952 rekomendasi untuk wisata alam liburan akhir tahun.--Foto: Facebook.com/Varahdibavera

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Gunung Kaba atau yang biasa dikenal dengan Bukit Kaba merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. 

Kalau dari Kota Curup, gunung ini berada pada sebelah tenggara yang berjarak sekitar 15 km. Pada lokasi di sekitar Gunung Kaba ini adalah salah satu cagar alam dari bunga Rafflesia.

Tetapi sekarang kondisi daerah wisata ini mulai tidak dapat diandalkan sebagaimana pada tujuan awal dibuatnya dulu untuk sebagai taman lindung bagi beberapa flora Sumatra, dengan statusnya taman wisata alam.

Di tahun 1999 Taman Wisata Alam Bukit Kaba ini pernah menjadi kawasan Importan Bird Area (IBA) Penting bagi burung.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Gunung di Sumatera yang Cocok Jadi Destinasi Wisata Mendaki Saat Libur Tahun Baru

Mengutip dari rejanglebongkab.go.id, Gunung Kaba ini memiliki ketinggian 1.938 mdpl, dimana gunung ini menyajikan pemandangan alam yang eksotis. 

Pada kawasan puncak Gunung Kaba ini terdapat dua buah kawah yang masing-masing memiliki warna hijau dan putih kecokelatan.

Di Gunung Kaba ini terdapat dua buah jalur yang bisa ditempuh untuk mencapai puncak, adapun untuk jalur pertama menyajikan pemandangan hutan lebat yang penuh dengan semak belukar dan terdapat jurang di kanan kirinya.

Untuk jalur kedua, jalannya telah dikeraskan dengan menggunakan aspal. Untuk waktu tempuh dari pos pendakian menuju ke puncak bisa ditempuh dengan 2 sampai 3 jam perjalanan.

BACA JUGA:Liburan ke Jepang Tidak Afdol Jika Tidak Mengunjugi Gunung Fuji: Ini 7 Tipsnya

Pos jaga pendakian ini dikelola oleh KelompoK Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukit Kaba. Kelompok ini adalah organisasi yang berdiri sejak tahun 2000 dan dikelola oleh warga Desa Sumber Urip yang bekerja sama dengan BKSDA Bengkulu.

Bukit Kaba ini mempunyai 8 kawah gunung berapi, tetapi 5 di antaranya tertutup rapat oleh vegetasi. Adapun daya tarik dari Bukit Kaba ini terletak pada bagian puncaknya, yang terdapat terdapat kawah hidup dan kawah mati.

Gunung Kaba atau Bukit Kaba ini sangat populer di Provinsi Bengkulu, di tempat ini sangat diminati para wisatawan, terutama bagi wisatawan yang menyukai trekking dan mendaki gunung.

Gunung Kaba juga bisa menjadi rekomendasi untuk mengisi liburan akhir tahun bagi wisatawan yang menyukai trekking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: