BANNER KPU
HONDA

7 Fakta Mata Kucing, Bisa Melihat di Cahaya Redup dan Gelap

7 Fakta Mata Kucing, Bisa Melihat di Cahaya Redup dan Gelap

Bisa melihat di cahaya redup dan gelap, ini 7 fakta mata kucing.--Foto: Freepik.com/Carkhe

BACA JUGA:Pecinta Kucing Perlu Tahu Ini, Bahaya Bulu Kucing untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Diwaspadai !

Oleh karena itulah, kucing tidak menemukan kendala ketika berburu pada saat malam hari.

3. Tidak bisa melihat detail dari jarak yang jauh

Meskipun kucing memiliki kemampuan penglihatan dalam kondisi cahaya redup, tetapi mata tersebut tidak mampu melihat objek dengan secara detail dari jarak yang jauh. Dengan istila lain, kucing mengalami rabun jauh.

Dilansir dari Live Science, kucing bisa melihat dengan jelas jika berada tidak lebih dari 6 meter, dari suatu objek. Dengan detail fokus yang sama, dan manusia bisa melihat dari jarak yang lebih jauh, yaitu sekitar 30 sampai 60 meter.

BACA JUGA:Menghindari Musuh, Tak Ingin Pemilik Bersedih, Kucing Memilih Pergi dari Pemiliknya

4. Warna biru dan abu-abu mendominasi penglihatan

Selain sel batang, kucing juga memiliki sel kerucut. MSD Vet Manual melansir, sel-sel kerucut atau cone cells tersebut berfungsi untuk memberikan ketajaman visual sehingga penglihatan binokular pada kucing, dan bisa mengestimasi kecepatan dan jarak dalam berburu.

Sel kerucut sebenarnya juga dapat berperan dalam visualisasi warna, tetapi pada kucing, fungsi ini tidak terlalu dominan.

Dilaporkan VCA Hospitals, manusia memiliki sel kerucut dengan jumlah 10 kali lebih banyak disbanding dengan kucing, sehingga manusia bisa memvisualkan beragam warna.

Jumlah sel kerucut yang dimiliki kucing hanya cukup untuk melihat visual warna abu-abu dan biru, serta beberapa peneliti menambahkan referensi warna kuning.

BACA JUGA:Hampir Punah, Beberapa Jenis Kucing Ini Bukan Merupakan Hewan Peliharaan

5. Tapetum lucidum menghimpun banyak cahaya

Tapetum lucidum adalah, fitur mata yang dimiliki oleh hewan vertebrata nokturnal. Britannica mendefinisikan tapetum lucidum sebagai lapisan di belakang retina mata, yang bertugas untuk memantulkan cahaya.

Bagian ini dapat meningkatkan cahaya yang dikumpulkan saat keadaan redup, dan merefleksikan cahaya tersebut untuk kualitas penglihatan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: