HONDA

Jeruk Nipis dapat Mencegah Batu Ginjal, Membantu Menurunkan Berat Badan

Jeruk Nipis dapat Mencegah Batu Ginjal, Membantu Menurunkan Berat Badan

Jeruk Nipis dapat Mencegah Batu Ginjal, Membantu Menurunkan Berat Badan--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Jeruk nipis dengan nama ilmiahnya Citrus aurantifolia, merupakan tanaman yang berasal dari Asia serta tumbuh di daerah yang beriklim tropis.

Jeruk nipis adalah salah satu tanaman yang berasal dari famili rutaceae dengan genus Citrus. Biasanya tinggi batangnya mencapai 150-350 cm, buahnya berkulit tipis dan bunganya berwarna putih.

BACA JUGA:4 Mitos Rumah Tusuk Sate, Begini Kata Primbon Jawa

Tanaman jeruk nipis punya kandungan garam sebanyak 10 persen dan tumbuh subur pada tanah yang kemiringan mencapai 30 derajat. 

Bentuk buah jeruk nipis bulat dan sedikit agak lonjong waktu masih muda berwarna hijau, bila sudah tua atau masak maka akan berubah warnanya menjadi kuning.

BACA JUGA:WOW! Ternyata Ini 5 Manfaat Daun Tanaman Kedondong Pagar untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kulit pada buah jeruk mengandung semacam minyak atsir yang pahit rasanya. Minyak atsir adalah sejenis minyak yang mudah sekali menguap pada suhu kamar tanpa mengalami penguraian terlebih dahulu. Selain itu, baunya sesuai dengan bau tanaman penghasilnya.

Minyak tersebut mudah sekali bersenyawa dengan alkohol, eter dan minyak lemak. Sayangnya tidak dapat larut dalam air. Bunga jeruk akan muncul pada ketiak-ketiak daun atau ada juga pada pucuk-pucuk ranting yang masih muda.

BACA JUGA:Dana DAK Kesehatan Papua Barat Daya 220 Miliar: Ini Rincian Kabupaten/Kota Tahun 2024

Buah jeruk nipis kaya akan vitamin C dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Berkat adanya nutrisi yang terdapat di dalamnya, jeruk punya banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat buah jeruk nipis untuk kesehatan.

 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada buah jeruk nipis, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:RESEP NUSANTARA: Mie Shirataki Rendah Kalori, Enak dan Nggak Bikin Gendut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: