HONDA

Awas Bahaya Kebiasaan Berutang! Berikut 5 Tips Berhenti Berutang

Awas Bahaya Kebiasaan Berutang! Berikut 5 Tips Berhenti Berutang

Berikut 5 tips berhenti berutang, awas bahaya kebiasaan berutang! --Foto: Freepik.com/freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Saat ini kebiasaan berutang seolah-olah menjadi gaya hidup kebanyakan orang. Awas ada bahaya pada kebiasaan berutang ini! Pada artikel ini ada 5 tips untuk berhenti berutang.

Tak dapat dipungkiri, untuk memenuhi gaya hidup, sebagian orang rela berutang. Padahal tanpa disadari kebiasaan berutang hanya akan menambah beragam masalah, seperti depresi, stress bahkan sampai bunuh diri.

Meskipun berutang diperbolehkan dalam agama, namun jika menjadi kebiasaan tentu kurang baik dan meresahkan orang di lingkungan sekitarnya. 

Mengelola uang bukanlah perkara mudah, meski begitu tidak menutup kemungkinan untuk tetap bisa mengelola keuangan dengan baik agar terhindar dari masalah utang yang memberikan dampak buruk.

BACA JUGA:Tak Usah Dibayar? Ini Solusi Tepat untuk Utang Pinjol Ilegal yang Meresahkan

Untuk menghindari kebiasaan berutang, berikut 5 tips yang bisa dilakukan.

1. Menyusun anggaran setiap bulan

Pastikan dahulu tahu persis berapa uang yang masuk ke rekening setiap bulan.

Setelah itu catat berapa nominal yang perlu dikeluarkan untuk kebutuhan hidup seperti makan, transportasi, kebutuhan harian, biaya sekolah dan jumlah utang.

Dengan mengetahui berapa banyak pemasukan dan pengeluaran tentu akan membantu mengatur anggaran setiap bulannya agar terhindar dari utang.

BACA JUGA:Sifat Fomo! Bikin Generasi Z Banyak Terlilit Utang Pinjol


Meskipun berutang diperbolehkan dalam agama, namun jika menjadi kebiasaan tentu kurang baik dan meresahkan orang di lingkungan sekitarnya. --Foto: Freepik.com/freepik

2. Menyiapkan dana darurat

Memiliki dana darurat tentu membantu ketika ada kebutuhan mendadak tanpa harus mengandalkan utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: