BANNER KPU
HONDA

Sifat Fomo! Bikin Generasi Z Banyak Terlilit Utang Pinjol

Sifat Fomo! Bikin Generasi Z Banyak Terlilit Utang Pinjol

Sifat Fomo! Bikin Generasi Z Banyak Terlilit Utang Pinjol --freepik.com/freepik/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Generasi Z, kelompok muda yang tumbuh di era digital, seringkali terperangkap dalam sifat FOMO atau Fear of Missing Out.

Sifat ini tidak hanya memengaruhi kehidupan sosial mereka tetapi juga berdampak pada keuangan, seperti terlihat dalam kecenderungan mereka untuk terjebak dalam utang pinjol.

FOMO ini, merupakan kecenderungan merasa takut atau cemas jika merasa terlewatkan dari pengalaman atau kegiatan yang sedang tren atau populer. 

BACA JUGA:Banyak Generasi Z Terjebak Pinjol, Ini 3 Tips Agar Tidak Terjebak Pinjaman Online di Usia Muda

Selain itu, sifat ini juga ingin memenuhi segala pengalaman positif yang dialami orang lain, dan mendorong individu untuk terus-menerus terlibat dalam aktivitas demi menghindari rasa ketinggalan.

Dalam konteks generasi Z, fenomena ini lebih trendy karena dipengaruhi oleh media sosial dan kehadiran teknologi.

Faktor seperti media sosial yang memperlihatkan gaya hidup glamor, ekspektasi sosial, dan teknologi yang terus berkembang, semuanya berkontribusi pada peningkatan sifat FOMO di kalangan generasi Z.

BACA JUGA:Lagi-lagi! Generasi Z Paling Banyak Terjerat Utang Pinjol, Ternyata Ini Pemicunya

Ternyata, sifat FOMO dapat mendorong generasi Z untuk mengambil risiko keuangan, termasuk berutang pinjol untuk mendanai gaya hidup yang diidamkan.

Gaya hidup bersenang-senang seringkali menjadi alat ekspresi diri bagi generasi Z, mereka sering menirukan kegiatan orang lain agar rasa ketertinggalannya tidak menggagu kecemasan dalam hidupnya.

Namun tentunya juga dapat menjadi pemicu FOMO jika mereka merasa tertinggal dari pengalaman menyenangkan lainnya.

BACA JUGA:OJK Pangkas Bunga Pinjol, Ini Reaksi 'Pemain' Penyelenggara Jasa Finansial

Dengan berpikir bahwa keperluan untuk memenuhi pengalaman lebih penting daripada kepemilikan materi, generasi Z cenderung menghabiskan uang pada perjalanan, makanan, dan hiburan, menciptakan tantangan tambahan dalam manajemen keuangan.

Namun, sebenarnya gaya hidup dipenuhi dengan sifat FOMO sangatlah tidak baik, hal ini bisa berdampak pada hilangnya jati diri pada diri sendiri, berikut cara mengatasi sifat FOMO pada diri sendiri : 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: