HONDA

Kebiasaan yang Buat Sulit Tidur, Dipengaruhi Ruminasi, Yakinkan Diri Bahwa Semua Masalahmu akan Selesai

Kebiasaan yang Buat Sulit Tidur, Dipengaruhi Ruminasi, Yakinkan Diri Bahwa Semua Masalahmu akan Selesai

Kebiasaan yang Buat Sulit Tidur, Dipengaruhi Ruminasi, Yakinkan Diri Bahwa Semua Masalahmu akan Selesai--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Bagi beberapa orang untuk mendapatkan tidur yang cukup dan tidur yang nyenyak bukanlah hal yang mudah. Kurang tidur setiap malam dapat menyebabkan gangguan kesehatan, bila tidak ditangani secara cepat.

Menurut psikologi ada faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Hal ini ternyata bukan karena seringnya main HP, tetapi ada hal lain yang menyebabkan terjadinya seseorang sulit untuk tidur.

BACA JUGA:Wow! BOS Tahun 2024 Yogyakarta 693,2 Miliar, BOP PAUD 84,3 Miliar

Faktor yang mempengaruhi kualitas tidur adalah ruminasi, yaitu terus menerus memikirkan suatu masalah atau peristiwa secara berulang-ulang.

Ruminasi dapat membuat pikiran seseorang tetap terangsang dan aktif, terutama di tempat tidur, saat kondisi gelap dan sunyi.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan Memilih Warna Makeup! Salah Sedikit bisa Bikin Wajah Anda Tua

Contohnya memikirkan hal-hal buruk yang sudah terjadi lagi dan lagi, setiap hari kamu pikirkan berulang kali hingga pada akhirnya mengganggu tidur.

Ada beberapa resiko yang dapat terjadi apabila kamu mengalami ruminasi dan tidak segera ditangani. Diantaranya memperparah terjadinya depresi dan mengganggu kemampuan untuk berpikir sehingga pikiran menjadi tidak stabil.

BACA JUGA:Wow! BOP PAUD 30,4 Miliar, BOS Tahun 2024 Bengkulu 426,2 Miliar

Lalu membuat kamu merasa cemas sepanjang hari dan berperilaku implusif, dapat menyebabkan stress kronis dan meningkatkan resiko kesehatan seperti darah tinggi.

Ruminasi bukanlah hal yang tidak dapat disembuhkan, namun butuh beberapa saat atau beberapa waktu untuk menyembuhkan atau membuat tidur kamu kembali normal. Ada beberapa cara untuk mengontrol pola tidur kamu.

BACA JUGA:WOW ! 5 Jenis Kopi Paling Enak di Dunia, Asalnya dari Kotoran hingga Kunyahan Hewan Ini

Pertama, sisihkan waktu sekitar 5 - 15 menit siang hari untuk memikirkan hal-hal yang mengganggu konsentrasi atau mengganggu tidur. Lalu koreksi diri dan pikirkan dengan tenang untuk membuang hal-hal negatif atau ketakutanmu.

Hilangkan pikiran tersebut dengan berbicara atau berkomunikasi dengan diri. Contohnya saya pasti bisa melewati hal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: