BANNER KPU
HONDA

7 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Asam Urat Hingga Cegah Penyakit Liver

7 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Asam Urat Hingga Cegah Penyakit Liver

7 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Asam Urat Hingga Cegah Penyakit Liver--Foto: Freepik.com/kamranAydinov

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Cengkeh sering digunakan sebagai bumbu dapur atau minuman. Aromanya yang manis dan harum membuat Cengkeh asal Indonesia ini mampu menambah cita rasa dan aroma pada makanan.

Namun, selain sebagai bumbu dapur, khasiat pada cengkeh juga banyak lagi untuk tubuh. Bahkan cengkeh sering dimanfaatkan sebagai obat untuk beberapa penyakit.

Cengkeh manfaatnya sangatlah banyak. Masyarakat Indonesia sering menggunakan cengkeh sebagai obat sakit perut hingga batuk. 

Rempah yang satu ini juga bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri akibat gigi berlubang.

BACA JUGA:Sakit Gigi, Bau Mulut hingga Radang Tenggorokan Sembuh, Cukup Gunakan Rebusan Daun Cengkeh

Berikut manfaat dari cengkeh untuk kesehatan dan pengobatan, diantaranya:

1. Menurunkan kadar asam urat

Siapa sangka kalau cengkeh bisa membantu untuk mengatasi asam urat. Levelnya memang belum sampai untuk mengobati. Akan tetapi, cengkeh bisa membantu untuk mengurangi kadar asam urat yang menjadi indikasi penyakit asam urat itu sendiri.

Agar kadar asam urat tidak terlampau tinggi, anda bisa mengkonsumsi air rebusan cengkeh. Caranya  anda cukup dengan menyiapkan 1-5 gram cengkeh, kemudian cuci sampai bersih selanjutnya rebus hingga mendidih.

BACA JUGA:3 Manfaat Cengkeh Sebagai Obat Herbal, Ampuh Obati Penyakit Asam Urat Hingga Bau Mulut

Setelah itu saring air rebusannya dan minumlah selagi hangat dan secara teratur.

2. Membantu meredakan batuk

Salah satu manfaat dari cengkeh adalah dapat membantu untuk meredakan batuk. Cengkeh kerap dimanfaatkan sebagai obat batuk, khususnya pada batuk berdahak. 

Kandungan eugenol yang ada didalam cengkeh memiliki sifat ekspektoran. Jadi, dengan mengkonsumsinya, maka dahak dapat dikeluarkan dengan lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: