HONDA

8 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Meningkatkan Kesuburan Hingga Imunitas Tubuh

8 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Meningkatkan Kesuburan Hingga Imunitas Tubuh

8 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Meningkatkan Kesuburan Hingga Imunitas Tubuh--Ilustrasi foto: freepik.com/sitthiphong

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Manfaat nanas untuk kesehatan meliputi meningkatkan kesuburan, menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko kanker, hingga mencegah osteoporosis. 

Nanas atau Ananas comosus adalah buah yang tumbuh subur di wilayah tropis, termasuk Indonesia. 

Buah nanas dengan cita rasa manis cenderung asam ini memiliki sangat banyak kandungan yang tinggi serat dan kalori yang relatif rendah, sehingga sering kali menjadi salah satu menu buah sehat untuk diet.

Selain itu, masyarakat sejak zaman dahulu juga telah lama memanfaatkan buah nanas sebagai obat tradisional untuk mengatasi batuk dan bahan alami untuk mencegah munculnya keriput pada wajah.

BACA JUGA:5 Fakta Unik Buah Nanas, Ternyata Bisa Melunakkan Daging

Berkat kandungan dari vitamin dan mineral yang penting, buah nanas dapat memberikan banyak kegunaan untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

1. Meningkatkan kesuburan

Studi dalam Hindawi menyebutkan bahwa enzim bromelain pada buah nanas adalah agen antiinflamasi dan antikoagulasi atau pengencer darah. Keduanya dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, efek antikoagulasi ini juga dapat membantu meningkatkan aliran darah, termasuk di dalam rahim dan lapisannya.

BACA JUGA:Agar Tidak Bau dan Empuk, Baluri Daging Daging Kambing dengan Bumbu atau Nanas Parut

Buah nanas juga menurunkan potensi peradangan pada reproduksi wanita yaitu seperti endometriosis.

Ini artinya, buah nanas menjadi salah satu buah yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. 

2. Meringankan sinusitis

Manfaat dari buah nanas berikutnya adalah dapat membantu meringankan gejala sinusitis, kondisi peradangan yang sering menyerang rongga pada sekitar hidung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: