BANNER KPU
HONDA

Kamu Membentak Anak, Dia Tidak akan Mendengarkan Orang Tuanya Lagi, Merenggangkan Hubungan

Kamu Membentak Anak, Dia Tidak akan Mendengarkan Orang Tuanya Lagi, Merenggangkan Hubungan

Kamu Membentak Anak, Dia Tidak akan Mendengarkan Orang Tuanya Lagi, Merenggangkan Hubungan--Instagram.com/cikalaksara//

Dampak lain dari membentak anak adalah merenggangkan hubungan antara kamu sebagai orang tua dengan anak. Akibatnya anak akan merasa sedih, malu dan tidak disayang lagi.

Jangan berharap anak yang sering dibentak akan dekat dengan orang tuanya, apalagi jika orang tua bahkan tidak mau mendengarkan pembelaan atau alasan anak melakukan kesalahan. Anak akan merasa tidak dimengerti kedua orangtuanya sendiri. 

BACA JUGA:Menteri Koperasi dan UKM Apresiasi Desa BRILiaN Jadi Terobosan Pengembangan Potensi Desa

 

Anak Tidak Menghormati Orang Tua

Karena merasa dirinya tidak dihargai dan disayang, anak akan menjauh dan tidak akan mau menghormati orang tuanya. Membentak adalah bagian dari orang tua yang tidak dapat menghormati privasi anak. 

Wajar bila anak memberi reaksi ketika bertemu dengan orang tuanya. Dia juga tidak bisa menunjukkan rasa hormat pada orang tuanya.

BACA JUGA:4 Universitas Terbaik di Provinsi Jawa Tengah, Paling Populer dan Banyak Diminati

 

Menciptakan Perilaku Anak Agresif

Satu yang harus dipertimbangkan ketika membentak anak, tindakan itu akan berdampak pada kepribadian anak dalam jangka panjang. Berdasarkan Jurnal Child Development, anak yang sering dibentak orang tua bisa membuatnya meniru hal tersebut hingga dewasa.

Sehingga anak akan lebih agresif secara fisik maupun verbal. Sebab saat kecil anak terbiasa melihat perilaku kasar secara fisik atau verbal dari orang tua sebagai bentuk penyelesaian masalah.

BACA JUGA:Bolehkah Ibu Hamil Makan Petai? Kenali Manfaat dan Risikonya, Serta Fakta yang Perlu Diketahui

Nah saat dewasa dan menghadapi masalah solusi yang terpikirkan adalah berperilaku kasar. Sehingga anak yang tumbuh dewasa ini tadi akan menjadi temperamental dan tidak ragu membentak orang lain guna menyelesaikan masalah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: