HONDA

Waspada! Ini Dia Tanda-tanda Uang Diambil Tuyul, Mitos atau Fakta?

Waspada! Ini Dia Tanda-tanda Uang Diambil Tuyul, Mitos atau Fakta?

Beberapa tanda-tanda uang yang diambil oleh tuyul ini mitos atau fakta?--Instagram/warung_jurnalis

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Terdapat beberapa tanda-tanda uang yang diambil oleh tuyul yang belum banyak diketahui orang. Mitos atau fakta?

Tuyul adalah sosok orang kerdil atau tampak seperti anak kecil yang berkepala pelontos yang dikenal suka mencuri uang.

Keberadaan tuyul ini kadang dapat meresahkan di lingkungan masyarakat, percaya ataupun tidak percaya pada kebanyakan orang masih menyangka atau mempercayai kalau uang yang hilang ini sering dihubungkan dengan tuyul.

Tuyul merupakan makhluk ghaib yang sangat sulit untuk dideteksi keberadaannya.

Berdasarkan mitologi kebudayaan Jawa dan sekitarnya, tuyul merupakan makhluk halus yang memiliki wujud berupa orang kerdil atau anak kecil dengan memiliki kepala gundul atau pelontos.

Tuyul diyakini bisa mencuri uang untuk tuan yang memeliharanya. Beberapa literasi sejarah menjelaskan kalau pada awal mulanya muncul istilah tuyul ini diakibatkan oleh adanya kesenjangan sosial.

Kesenjangan sosial tersebut yang dialami oleh kalangan masyarakat agraris dengan tuan tanah dan juga pedagang di masa itu.

BACA JUGA:Mengapa Uang di Bank Tidak Pernah Dicuri Tuyul? Ini Penjelasannya

Melalui bantuan makhlus halus ini dianggap sebagai cara paling mudah untuk menjelaskan segala urusan perniagaan yang semakin rumit untuk rakyat di pedesaan yang masih tradisional pada saat itu.

Diketahui adanya mitos mengenai setan gundul pencuri uang ini telah ada sejak dari tahun 1890-an, akan tetapi untuk istilah dari tuyul ini baru populer pada sekitar tahun 1929 setelah krisis ekonomi Depresi Besar yang melanda.

Diketahui tuyul adalah fakta yang banyak dipelajari oleh para sejarawan dikarenakan masih dipercaya oleh sebagian masyarakat modern hingga pada saat ini.

Ada sebagian orang yang memelihara tuyul ini untuk mencuri uang ke berbagai rumah, sementara itu beberapa orang menuduh kalau adanya kehilangan uang mereka ada hubungannya dengan tuyul.

BACA JUGA:Ada “Tuyul” Terekam CCTV, Curi Uang di Meja Kasir Toko Bangunan

Dikarenakan adanya berbagai spekulasi yang disampaikan oleh masyarakat mengenai hilangnya uang dengan secara misterius, terdapat beberapa  tanda-tanda uang diambil tuyul yang dirangkum rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"