HONDA

Ini Dia Pemilu yang Dianggap Paling Demokratis di Indonesia

Ini Dia Pemilu yang Dianggap Paling Demokratis di Indonesia

Beberapa Pemilihan Umum yang dianggap paling demokratis di Indonesia.--Hendri/rakyatbengkulu.com

Selanjutnya Pemilu yang dianggap paling demokratis yaitu pada tahun 1999, Pemilihan Umum tahun 1999 ini dinilai sebagai salah satu penyelenggaraan Pemilu terbaik sejak era reformasi tahun 1998.


Pemilu tahun 1999 juga dianggap sebagai Pemilu paling demokratis, yang diikuti 48 partai--Facebook.com/SofianbinIlyas

Pada saat itu, sejumlah partai baru kian eksis sampai mengalahkan parpol lama yang sudah lama merintis kekuatan massa di sejumlah wilayah di Indonesia. 

BACA JUGA:Jelang Hari Pencoblosan Pemilu 2024 dan Puasa, Harga Bahan Pokok di Bengkulu Alami Kenaikan

Pada Pemilu tahun 1999 ini hanya disiapkan selama 13 bulan oleh pemerintahan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie dan Pemilu tahun 1999 ini diikuti 48 partai politik dan berlangsung tepat waktu.

Pemilu tahun 1999 ini dimenangkan partai politik baru yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dimana Partai ini merupakan pecahan dari Partai Demokrasi Indonesia pimpinan Soerjadi.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berhasil menarik simpati masyarakat dengan mendominasi perolehan suara di 11 provinsi pada tanggal 7 Juni 1999.

Dimana perolehan suara terbesar PDIP diperoleh di Bali sebesar 79 persen dan angka yang terkecil di Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 6,6 persen.

Meskipun hanya 11 provinsi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil menguasai 33,7 persen suara secara nasional.

BACA JUGA:XL Axiata Jaga Kualitas Jaringan Selama Pemilu 2024, Bakal Terjadi Peningkatan Trafik Sekitar 10 Persen

Nah itulah tadi 2 Pemilihan Umum di Indonesia yang dianggap paling demokratis. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: