HONDA

Menikmati Pesona Dieng, Destinasi Wisata Negeri Diatas Awan Ketinggian 2.115 Mdpl

Menikmati Pesona Dieng, Destinasi Wisata Negeri Diatas Awan Ketinggian 2.115 Mdpl

Menikmati Pesona Dieng, Destinasi Wisata Negeri Diatas Awan Ketinggian 2.115 Mdpl --tiktok/casual_trip

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Menikmati pesona Dieng, destinasi wisata negeri diatas awan dengan ketinggian 2.115 mdpl yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Wisata Dieng di ambil dari bahasa sansekerta Die Hieyang (Edi dan Aeng) yang berati indah dan langka, menjadi makna dari daerah diatas awan tersebut dengan gugusan gunung.

Gugusan pegunungan berapi ini letaknya dikawasan Gunung Parahu, Gunung Pangonan, Gunung Sipandu dan Gunung Pakuwojo terdapat kepundan kawah, kawasan vulkanik aktif.

Dengan ketinggian 2.115 mdpl kamu akan menemukan pemandangan alam yang luar biasa diatas awan yang memiliki kontur pegunungan berapi yang aktif, namun harus mengikuti keamanan yang berlaku disana.

Misalnya, saat terjadi aktivitas peningkatan gas CO2 yang signifikan dari salah satu kawah, petugas akan meminta untuk menjaga jarak aman para wisatawan yang berkunjung. 

Baiknya mengikuti arahan petugas untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Lokasi yang terkenal dengan sebutan negeri di atas awan ini berada di desa Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

Untuk rute perjalanan yang dapat ditempuh, jika dari Posong dapat ke objek wisata ini dengan jarak kurang lebih 42,8 km melalui Jalan Dieng dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 42 menit.

Jam operasional di wisata negeri diatas awan Dieng ini dimulai pada pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Untuk fasilitas yang disediakan sudah sangat memadai antara lain Pusat hiburan, Pusat Oleh-oleh.

Warung makan, area parkir, akses wisata yang baik, toilet, mushola, dan wahana permainan terdapat diberbagai lokasi wisata yang ada di pegunungan Dieng. 

Suhu yang dingin di negeri diatas awan Dieng berkisar pada dini hari sampai dibawah 10 derajad celcius, namun pada bulan bulan Juni-Oktober suhu udara pada dini hari bisa mencapai nol derajad celcius.

Untuk yang tidak tahan dingin lebih baik menginap di Wonosobo karena suhunya masih sekitar 20-25 derajad celcius lebih hangat dan jika ingin berwisata hanya 1 jam perjalanan ke Dieng. 

Namun, jika kamu ingin tinggal dan merasakan tidur diatas awan negeri Dieng siap-siaplah dengan perlengkapan penghangat badan dengan ketinggian diatas 1.500 mdpl. 

Beberapa objek wisata yang dapat kamu kunjungi di negeri diatas awan Dieng, diantaranya: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"