HONDA

Perum Bulog Cabang Rejang Lebong Pastikan Ketersediaan Pangan Terpenuhi Jelang Bulan Ramadan

Perum Bulog Cabang Rejang Lebong Pastikan Ketersediaan Pangan Terpenuhi Jelang Bulan Ramadan

Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong, Adzie Zulfikar Rahman, menegaskan bahwa stok pangan terpenuhi jelang Ramadan.--Badri/rakyatbengkulu.com

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Perum Bulog Cabang Rejang Lebong memastikan bahwa pasokan pangan dan kebutuhan pokok di Rejang Lebong, Lebong, dan Kabupaten Kepahiang, menjelang Ramadan 1445 H tahun 2024 telah terjamin.

Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong, Adzie Zulfikar Rahman, menegaskan bahwa stok pangan untuk Rumah Pangan Kita (RPK) di tiga kabupaten tersebut, termasuk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) bulan Februari, telah terpenuhi.

Adzie Zulfikar Rahman menjelaskan bahwa saat ini stok di gudang Bulog dua jalur Kecamatan Merigi mencapai 400 ton beras Publik Services Obligation (PSO), dengan tambahan 190 ton dalam perjalanan yang dijadwalkan tiba minggu ini.

Rencananya, akan diajukan tambahan sebanyak 500 ton untuk memenuhi kebutuhan penyaluran pangan serta menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

BACA JUGA:Penderita Diabetes Tipe 2 Tetap Bisa Puasa, Coba Ikuti Ini 10 Aturan Ini, Konsul Juga ke Dokter

"Ketersediaan pangan dijamin untuk tiga kabupaten menjelang Ramadhan tahun ini karena setiap bulan kita tetap mengajukan kebutuhan SPHP," ujar Adzie, Kamis, 22 Februari 2024.

Namun, untuk bulan Maret, penentuan SPHP masih menunggu surat dari Bappenas. Sementara itu, keputusan terkait stabilisasi harga pangan di pasaran juga masih menunggu keputusan dari pemerintah daerah masing-masing.

Adzie juga memberikan informasi tentang harga-harga bahan pokok, di mana beras PSO dijual dengan harga Rp51.250 untuk ukuran karung 5 kg, tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp11.500 per kg.

Sedangkan beras kualitas medium dijual seharga Rp71.500 per karung ukuran 5 kg. Untuk daging kerbau beku, harganya mencapai Rp80.000 per kilogramnya, sementara minyak jenis premium Rizki dijual seharga Rp14.400.

BACA JUGA:Kurangi Asupan Gula dan Garam Bisa Bikin Awet Muda, Ini Dia Manfaat Lainnya

"Antusiasme masyarakat cukup tinggi, terutama menjelang bulan Ramadan mendatang," tambah Adzie.

Dengan demikian, upaya Perum Bulog Cabang Rejang Lebong dalam memastikan ketersediaan pangan di wilayahnya dapat memberikan kepastian bagi masyarakat menjelang bulan suci Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"