HONDA

Karier Militer Brigjen TNI Djon Afriandi, Putra Jenderal Purnawirawan Asal Bengkulu

Karier Militer Brigjen TNI Djon Afriandi, Putra Jenderal Purnawirawan Asal Bengkulu

Karier militer Brigjen TNI Djon Afriandi yang merupakan putra Jenderal Purnawirawan asal Bengkulu ini terbilang gemilang.--Insatagram.com/ hari_harbot_yunuardi

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Djon Afriandi, S.IP., M.S.D.A  lahir pada tanggal 14 Juni 1972.

Ia adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang sejak Tanggal 21 Februari 2024, lalu menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus).

Djon Afriandi merupakan salah satu lulusan SMAN 2 Bandung, dan lulusan yang terbaik di Akademi Militer serta penerima Adhi Makayasa pada tahun 1995.

Ia lahir dari pasangan Afifuddin Thaib dan Surja Bhakti. Ayahnya juga merupakan seorang purnawirawan perwira tinggi TNI-AD.

Jabatan terakhir dari jenderal bintang dua ini adalah Staf Khusus Kasad. Selain itu juga beliau merupakan putra daerah asli asal Bengkulu.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto telagh memutasi Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), yaitu  Brigjen TNI Djon Afriandi menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus).

BACA JUGA:Kiprah Putra Daerah Bengkulu Brigjen TNI Djon Afriandi, Mewarisi Jejak Ayahnya Sebagai Perwira Militer

Ia menggantikan Mayjen TNI Deddy Suryadi yang dimutasi untuk menjadi Pangdam IV/Diponegoro, Jabatan yang baru tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK).

Panglima Tentara Nasional Indonesia dengan Nomor Kep/216/II/2024 pada tanggal 21 Februari 2024 lalu, tentang pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Telah resmi ditetapkan, mutasi dan promosi jabatan 38 Pati yaitu, (Perwira Tinggi), TNI terdiri dari 28 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL, dan 7 Pati TNI AU, ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar. 

Riwayat Karier dari Militer Brigjen TNI Djon Afriandi Brigjen, Djon Afriandi merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1995 yang telah meraih predikat lulusan terbaik Adhi Makayasa. 

BACA JUGA:Brigjen TNI Djon Afriandi, Putra Daerah Bengkulu yang Kini Menjabat sebagai Danjen Kopassus

Djon Afriandi berpengalaman di bidang Infanteri dari kecabangan Kopassus, pria yang kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat pada 14 Juni 1972 ini malang melintang di Korps Baret Merah. 

Dia mengawali kariernya militer dengan menjadi Danton 3/2 Yon 13 Grup 1 Kopassus tahun (1997), Dilanjutkan menjadi Danton 2/2 Yon 13 Grup 1 Kopassus pada tahun (1997), Danton 2/1 Yon 11 Grup 1 Kopassus tahun (1998), dan Danton 1/1 Yon 11 Grup 1 Kopassus tahun (1998). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: