HONDA

Musim Hujan Melanda, Ini 7 Tindakan Penyelamatan Diri yang Harus Dilakukan Saat Banjir

Musim Hujan Melanda, Ini 7 Tindakan Penyelamatan Diri yang Harus Dilakukan Saat Banjir

Musim Hujan Melanda, Lakukan 7 Mitigasi Bencana Banjir --Instagram/humaspolda_riau

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Musim hujan mulai melanda Bengkulu dengan tingginya curah hujan, ini 7 tindakan penyelamatan diri yang harus dilakukan saat banjir

Tindakan penyelamatan diri merupakan upaya penanggulangan untuk mengatasi bencana. Menjelang bulan Ramadhan ini menjadi puncak dari musim penghujan.

Dan wajib waspada bagi daerah Kota Bengkulu yang rawan atas bencana banjir ini seperti daerah Tanjung Jaya, Bentiring, Rawa Makmur, Srikaton mengingat sering kali ketika musim penghujan terkena banjir.

Perlu beberapa tindakan yang membuat anda bisa melakukan upaya penyelamatan diri dari banjir.

BACA JUGA:Musim Hujan Melanda Bengkulu, Waspada Banjir Menjelang Ramadhan

Inilah 7 tindakan penyelamatan diri yang harus dilakukan saat banjir yakni:

1. Jika terjadi banjir segera lakukan evakuasi diri ke tempat yang lebih aman dari bahaya banjir dan luapan air. Genangan air kemungkinan besar akan bertambah jika tidak cepat selamatkan diri.

Apalagi daerah yang memiliki sungai yang airnya akan meningkat pada tanggulnya sehingga mesti diwaspadai peningkatan yang bisa saja dalam waktu beberapa saat akan menyebabkan banjir bertambah besar.

2. Jika masih banyak waktu selamatkan dokumen atau barang penting yang berharga untuk bisa diselamatkan dari genangan air diarahkan ketempat yang lebih tinggi.

BACA JUGA:5 Ide Bisnis yang Banjir Cuan Saat Ramadhan, Nomor 3 Paling Banyak Diminati Orang

Barang atau dokumen penting perlu cepat diselamatkan untuk menjauhkan dari kerusakan.

Maka dari itu biasanya rumah yang rawan banjir sudah mempersiapkan dengan membangun tempat penyimpanan yang tinggi.

3. Matikan dan cabut semua jaringan listrik yang ada dirumah kamu. Genangan air membuat aliran listrik berbahaya untuk diri dan orang lain sehingga perlu dimatikan semuanya.

Aliran listrik ini sangat berbahaya jika terkena air mengingat air adalah konduktor yang dapat menghantarkan listrik. Hal yang paling utama jika terkena banjir adalah mematikan semua jaringannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"