HONDA

Kurun 2 Hari Gempa Landa Bengkulu, Apa Saja Tindakan Yang Harus Dilakukan?

Kurun 2 Hari Gempa Landa Bengkulu, Apa Saja Tindakan Yang Harus Dilakukan?

Kurun 2 Hari Gempa Landa Bengkulu, Apa Saja Tindakan Yang Harus Dilakukan?--Instagram/infobmkg

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - BENGKULU merupakan daerah rawan gempa sehingga sering terjadi gempa kecil yang tidak terlalu signifikan getarannya dan skalanya. 

Dilansir dari rakyatbenteng.disway bahwa dalam kurun 2 hari berturut-turut yakni Minggu 3 Maret 2024 dan terbaru hari ini Senin 4 Maret 2024 gempa bumi landasan Bengkulu, apa saja tindakan yang harus dilakukan? Simak penjelasannya.

Dari laman resmi bmkg.go.id gempa pertama di Bengkulu terjadi dengan kekuatan Magnitudo (M) 5,1 terjadi 3 Maret 2024 sekitar pukul 10 malam pusat gempa berada di laut 45 Km Barat Daya Kabupaten Kaur.

Di kedalaman 17 Km titik koordinat 5.08 LS 103.06 BT tentunya gempa dirasakan sampai ke Liwa, Kaur, Kepahiang, Oku Selatan dan Bengkulu Utara sejumlah daerah di Provinsi Bengkulu.

Selanjutnya pada hari berikutnya 4 Maret 2024 terjadi pukul 09 pagi kali ini berkekuatan Magnitudo 5,6 dengan pusat gempa berada di laut 43 Km Barat Daya Enggano.

Titik koordinat 5.73 LS 102.22 BT dan kedalaman 10 Km gempa dirasakan sampai ke Liwa dan Semangka.

Tentunya BMKG menyarankan agar masyarakat berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang kemungkinan muncul kembali.

BACA JUGA:Kuliner Khas Air Manna Sudah Ada di Kota Bengkulu! Menikmati Makanan Khas Kampung Halaman

Apa saja tindakan yang harus dilakukan jika terjadi gempa bumi, begini petunjuk yang diberikan oleh BMKG dalam menyikapinya :

1. Letak lokasi gempa bumi pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi (akibat longsor, liquefaction dll).

Setelah itu mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan bertujuan terhindar dari bahaya besarnya guncangan akibat hentakan yang timbul karena gempa.

2. Penting untuk mengetahui lingkungan tempat bekerja yakni perhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat.

Jika terjadi gempa bumi sudah tahu akan evakuasi ketempat aman untuk berlindung. 

Selain itu belajar melakukan P3K, belajar menggunakan alat pemadam kebakaran dan catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: