HONDA

Jelang Libur Panjang Lebaran 2024, XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan

Jelang Libur Panjang Lebaran 2024, XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan

XL Axiata siap hadapi lonjakan trafik layanan, jelang libur panjang Lebaran 2024.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - XL Axiata telah menyiapkan jaringan guna melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Lebaran.

Diprediksi, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% - 20% dibandingkan hari biasa.

XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan di semua jalur utama pulang kampung dan liburan yang berada di berbagai daerah, termasuk di sepanjang Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data yang andal menjelang Ramadan dan Lebaran 2024.

BACA JUGA:5 Tips Mudah untuk Kamu Menghemat Listrik di Rumah

Penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasi potensi lonjakan trafik penggunaan data di saat libur panjang Lebaran.

Untuk itu, XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera. Manajemen XL Axiata memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% - 20% dibandingkan hari biasa.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, momen Lebaran selalu menghadirkan tantangan bagi kami sebagai operator telekomunikasi dan data karena trafik selalu melonjak cukup signifikan. Selain melonjak, tantangan lainnya adalah berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata.

"Untuk itu, selain perlu menambah kapasitas, kami juga harus memiliki strategi rekayasa trafik  yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi," katanya.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Menjadi Content Creator Pemula: Peralatan dan Tips Terbaik

Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan.

Gede menyebut, trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5% di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa.

Selanjutnya, diprediksi trafik akan terus meningkat mencapai antara 10% – 15% saat masuk di masa libur Lebaran, hingga puncaknya bisa mencapai sekitar 20%.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: