HONDA

Hati-hati Makan Berlebih Saat Lebaran, Ini 9 Cara Menghindari Makan Berlebihan, Pilih Makanan Tinggi Serat

Hati-hati Makan Berlebih Saat Lebaran, Ini 9 Cara Menghindari Makan Berlebihan, Pilih Makanan Tinggi Serat

Hati-hati Makan Berlebih Saat Lebaran, Ini 9 Cara Menghindari Makan Berlebihan, Pilih Makanan Tinggi Serat--Ilustrasi/ana mariyohana/bing image creator/rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Momen lebaran menjadi salah satu ajang kumpul keluarga, baik keluarga besar yang tinggal di sekitar rumah atau yangg mudik dari tanah rantau. 

Nah kebiasaan saat tengah Lebaran tentunya banyak makanan yang disediakan, mulai dari makanan berat maupun ringan. Termasuk aneka jenis minuman dan camilan lainnya.

Bila tidak hati-hati dan mengikuti nafsu makan berlebih saat Lebaran, beberapa penyakit lambung menanti kamu. Terutama karena perut yang terbiasa berpuasa atau tidak makan pada siang hari diisi dengan makanan yang banyak tentu akan berdampak buruk. 

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Lebak, Banten: Ini Lengkapnya

Bagi kamu yang ingin menjaga pola makan, cobalah 9 cara menghindardi makan berlebih saat Lebaran. Salah satunya ada baiknya kamu memilih makanan yang kaya atau tinggi serat. 

Kalau tidak dikontrol, bukan hanya penyakit yang akan datang, berat badan kamu juga bisa melonjak bahkan melebihi berat badan yang turun saat puasa. Lantaran tanpa sadar makan berlebihan saat Lebaran.

Yuk simak simak beberapa cara menahan nafsu makan berlebih saat perayaan Idul Fitri, guna mencegah penyakit dan membantu mencegah berat badan bertambah drastis.

BACA JUGA:Silaturahmi Saat Lebaran Memberikan Keberkahan Umur, Ini 7 Keutamaan Melakukan Silaturahmi

 

1. Hati-hati dengan Makanan yang Memicu 

Lebaran biasanya memang identik dengan banyak aneka makanan yang tersaji, termasuk bila bersilaturahmi ke rumah saudara atau tetangga juga akan disuguhi aneka makanan. 

Ada baiknya kamu mulai bijak menata makanan apa yang bisa dimakan dan tidak, hindari dulu makanan yang bisa memicu kamu untuk makan lagi dan lagi serta makanan manis seperti es krim, gulai atau kue Lebaran. 

Sementara menghindari makanan pemicu ini di rumah mungkin lebih mudah, sebaiknya jangan menyetok makanan pemicu dalam jumlah banyak. 

BACA JUGA:Betulkah Makanan Pedas Bisa Perpanjang Usia? Begini Penjelasannya, Mengandung Anti-inflamasi dan Antioksidan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: