HONDA

Tempat Healing yang Menyegarkan, Sungai Kedurang Beraliran Sedang Sampai Lambat, Ini 10 Manfaat Sungai

Tempat Healing yang Menyegarkan, Sungai Kedurang Beraliran Sedang Sampai Lambat, Ini 10 Manfaat Sungai

Tempat Healing yang Menyegarkan, Sungai Kedurang Beraliran Sedang Sampai Lambat, Ini 10 Manfaat Sungai --rakyatbengkulu.disway.id/Ana Mariyohana//

BENGKULU SELATAN, RAKYATBENGKULU.COM - Terletak di Desa Batuampar, Kecamatan Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Sungai Kedurang tergolong sungai besar beraliran sedang sampai lambat.

Sungai ini juga memiliki substrat batu dan lumpur. Ini 10 manfaat sungai bagi kehidupan manusia. Sementara hulu Sungai Kedurang terletak di Pegunungan Rajamandara dan berhilir di Laut Samudera Hindia.

Sungai Kedurang mengalir sepanjang tahun, airnya banyak dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pada musim kemarau. 

BACA JUGA:6 Tradisi Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia, Menarik dan Unik

Sungai ini juga dimanfaatkan warga setempat atau masyarakat sekitarnya untuk mandi. Sungai yang jernih dengan banyak bebatuan dan jenis ikan bebatuan membuat kawasan ini ramai dikunjungi saat sore hari.

Selain pengunjung yang memanfaatkan mandi air alam yang bersih, juga tampak penduduk setempat yang mencari ikan dengan cara memancing atau menjaring ikan. Simak manfaat sungai bagi umat manusia.

 

1. Sumber Mata Pencaharian

Sebagian masyarakat yang tinggal dekat sungai atau sekitar sungai memanfaatkannya sebagai sumber mata pencarian. Sebab sungai bebatuan yang jernih juga menjadi habitat ikan.

BACA JUGA:Fantastis! Film Badarawuhi Tembus 344 Ribu Penonton dalam Sehari Tayang

Nah banyak masyarakat sekitar Sungai Kedurang yang memanfaatkan sungai ini untuk menangkap ikan seperti ikan sidat (Anguilla marmorata) atau ikan pelus, ikan mungkus (Sicyopterus cynocephalus) dan lain-lain. 

Ada 9 jenis ikan dari yang hidup di Sungai Kedurang. Jenis ikan yang hidup di sungai ini tergolong ikan yang endemik dan harganya cukup tinggi

Selain menangkap ikan sungai bebatuan juga bisa dimanfaatkan penambang batu kali untuk menjual batunya, terutama batu batu putih dengan bintik hitam khas Bengkulu Setatan yang banyak digunakan sebagai penghias taman. 

BACA JUGA:Wow! Ini 7 Tips Menikmati Wisata Air Terjun Saat Lebaran, Bisa Juga Menjelajahi Sekitarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: