HONDA

Ini 8 Penyebab Asam Lambung Menyerang, Coba Atasi dengan 6 Cara Berikut Ini

Ini 8 Penyebab Asam Lambung Menyerang, Coba Atasi dengan 6 Cara Berikut Ini

Ini 8 Penyebab Asam Lambung Menyerang, Coba Atasi dengan 6 Cara Berikut Ini --Instagram.Com/Pemkotmalang//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Asam lambung merupakan cairan asam yang diproduksi oleh lambung untuk membantu dalam pencernaan makanan. Simak 8 penyebab asam lambung menyerang dan 6 cara mengatasi asam lambung berikut ini. 

Asam lambung berguna untuk membantu mencerna makanan, membunuh bakteri dan mikroorganisme yang masuk ke dalam lambung serta merangsang produksi enzim dan hormon yang diperlukan untuk pencernaan yang efektif.

Nyatanya banyaknya produksi asam lambung atau gangguan dalam pengaturannya dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit refluks asam lambung (GERD), gastritis atau tukak lambung. 

BACA JUGA:Planet Terkecil dan Memiliki Ekor, Ini 7 Fakta Unik Merkurius, Permukaannya Bisa Sangat Panas atau Dingin

Gejala asam lambung yang sering dialami adalah rasa terbakar di dada (heartburn), mulas, perut kembung, mual atau regurgitasi makanan.

Pengelolaan asam lambung yang efektif melibatkan menghindari makanan yang memicu peningkatan produksi asam lambung, menjaga pola makan yang sehat dan teratur.

Kemudian menghindari makan terlalu banyak atau terlalu cepat, menghindari merokok dan minuman beralkohol serta minum obat-obatan yang diresepkan oleh dokter jika diperlukan. 

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Pesawaran, Lampung: Ini Lengkapnya

Jika gejala asam lambung berat atau terus berlanjut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. 

Asam lambung biasanya diproduksi oleh lambung sebagai bagian dari proses pencernaan makanan. Berikut beberapa penyebab umum asam lambung yang berlebihan.

 

1. Makanan dan Minuman 

Konsumsi makanan pedas, berlemak atau asam, minuman berkafein, minuman beralkohol dan minuman berkarbonasi dapat merangsang produksi asam lambung.

BACA JUGA:Kisah Ali Ashghar Putra Imam Hussein, Bayi yang Syahid pada Peristiwa Karbala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: