HONDA

Peringatan BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Bengkulu dan Sejumlah Wilayah Sumatera hingga Jawa

Peringatan BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Bengkulu dan Sejumlah Wilayah Sumatera hingga Jawa

Waspadai potensi hujan lebat di Bengkulu dan sejumlah wilayah Sumatera hingga Jawa, peringatan BMKG.--Heri/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Masih berencana menikmati liburan Lebaran bersama keluarga? Sebelum memutuskan berangkat lihat dulu prakiraan cuaca hari ini.

Jangan sampai acara liburan berantakan karena cuaca tak bersahabat.

Terutama untuk wilayah Bengkulu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan untuk mewaspadai potensi hujan lebat. Termasuk di sejumlah wilayah Sematera lainnya hingga Pulau Jawa.

Berdasarkan informasi resmi BMKG, kemungkinan hujan lebat yang terjadi di Bengkulu dan sejumlah wilayah di Sumatera hingga Pulau Jawa ini dapat mencapai 50 milimeter per hari pada Senin, 15 April 2024.

BACA JUGA:Manfaatkan QRIS Transfer di BRImo, Berkirim Uang THR Jadi Lebih Cepat dan Mudah

BMKG pun mengingatkan warga di beberapa wilayah untuk tetap waspada. 

Mengingat tidak hanya angin kencang, namun juga kemungkinan hujan badai disertai petir akan dirasakan oleh warga di Bengkulu.

"Kami menganjurkan masyarakat untuk mengunduh aplikasi Info BMKG. Dengan begitu, saat ada peringatan dini, pemberitahuan akan langsung muncul," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau, Desindra Deddy Kurniawan dikutip antaranews.com.

BMKG mencatat wilayah yang perlu mewaspadai potensi hujan lebat selain di Bengkulu juga termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau.

BACA JUGA:6 Rezeki Dalam Hidup, Karena Rezeki Tak Selalu Soal Uang

Lalu, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Tak hanya itu, potensi hujan lebat juga bakal terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara.

Lalu, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Sejumlah wilayah tersebut juga memiliki potensi untuk terkena hujan lebat.

Di beberapa daerah tersebut, hujan lebat, seperti di Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur, juga dapat disertai oleh angin kencang dengan kecepatan mencapai 45 kilometer per jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"