HONDA

Keragaman Budaya, Mengenal Beberapa Sistem Kekerabatan Masyarakat di Indonesia

Keragaman Budaya, Mengenal Beberapa Sistem Kekerabatan Masyarakat di Indonesia

Ada beberapa sistem kekerabatan masyarakat di Indonesia yang harus diketahui.--Facebook.com/ FransescoSomerville

BACA JUGA:Terkenal Akan Kecantikannya! Ini Rahasia Cantik Alami Ala Wanita Suku Baduy

Adapun kedua budaya ini mempunyai nilai-nilai yang kuat terkait pentingnya garis keturunan laki-laki dan juga peran laki-laki di dalam keluarga dan juga masyarakat. 

Menariknya pada masyarakat Suku Batak dan Bali, keturunan dari pihak ayah memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan garis keturunan, melindungi warisan keluarga, dan juga memegang peran penting di dalam kehidupan bermasyarakat. 

Adapun nilai-nilai kehormatan dan status sosial ini sering kali terkait dengan keberhasilan anak laki-laki di dalam menjalankan peran mereka di dalam keluarga dan juga masyarakat.

3. Sistem Kekerabatan Matrilineal

Yang terakhir ada sistem kekerabatan Matrilineal yaitu menghubungkan diri dengan ibu dan kerabat perempuan lainnya berdasarkan garis keturunan perempuan. 

Pada sistem kekerabatan ini, keturunan berdasarkan garis ibu sangat ditekankan, dan ini juga mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Suku yang Terkenal di Pulau Sulawesi, Pulau Terbesar Keempat di Indonesia

Dimana anak-anak dihubungkan secara kuat dengan ibu mereka, dan keturunan menurut garis ibu dianggap lebih penting dari pada keturunan menurut garis ayah.

Sistem kekerabatan Matrilineal ini di anut oleh masyarakat suku Minangkabau di Sumatera Barat.

Berdasarkan sistem kekerabatan ini, hubungan kekerabatan di antara para anggota keluarga matrilineal sangat kuat dan juga erat, dimana anggota keluarga yang mempunyai hubungan keturunan menurut garis ibu dianggap mempunyai ikatan keluarga yang lebih penting dan lebih erat daripada hubungan keturunan menurut garis ayah.

Oleh karena itu, konsekuensi sosial, budaya, dan hukum seperti masalah warisan, pada sistem kekerabatan ini di dasarkan pada garis keturunan perempuan serta warisan dan harta benda lebih cenderung ke garis keturunan ibu.

Pada sistem kekerabatan matrilineal ini juga mempengaruhi struktur sosial dan politik di dalam masyarakat Minangkabau. 

BACA JUGA:Suku Lembak Delapan Bengkulu: Keragaman Budaya Indonesia

Para wanita memiliki peran yang lebih dominan di dalam keluarga dan masyarakat dan sistem ini memberikan perempuan kekuatan dan pengaruh yang lebih besar di dalam pengambilan keputusan keluarga dan urusan-urusan yang bersifat komunal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: