HONDA

Dukung Pertumbuhan UMKM, BCA Syariah Salurkan Pembiayaan Rp1,9 Triliun Hingga Maret 2024

Dukung Pertumbuhan UMKM, BCA Syariah Salurkan Pembiayaan Rp1,9 Triliun Hingga Maret 2024

BCA Syariah salurkan pembiayaan Rp1,9 triliun hingga Maret 2024 untuk dukung pertumbuhan UMKM.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dukung pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) salurkan pembiayaan Rp1,9 Triliun hingga Maret 2024.

Penyaluran pembiayaan untuk UMKM sebesar Rp1,9 triliun tersebut sama dengan 20,70 persen dari total pembiayaan di bank tersebut.

Dalam keterangan resmi BCA Syariah yang dikutip, Kamis, 2 Mei 2024 disebutkan penyaluran pembiayaan UMKM menjadi kontributor terbesar dalam portofolio keuangan berkelanjutan.

Yakni dengan komposisi sebesar 69,85 persen dari total pembiayaan berkelanjutan.

BACA JUGA:5 Manfaat Tabungan BCA Dollar, Berikut Risiko yang Wajib Nasabah Pahami

Terhitung hingga Maret 2024, total pembiayaan di BCA Syariah mencapai Rp9,3 triliun atau tumbuh 20,7 persen secara year on year (YoY). Sedangkan total pembiayaan berkelanjutan tercatat sebesar Rp2,7 triliun.

Adapun dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun BCA Syariah mencapai Rp10,6 triliun sampai dengan Maret 2024 atau meningkat sebesar sebesar 14,65 persen YoY.

"BCA Syariah senantiasa mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah baik melalui edukasi maupun penyaluran pembiayaan," bunyi keterangan BCA Syariah.  

Total aset BCA Syariah telah mencapai Rp14,3 triliun pada Maret 2024, tumbuh 14,51 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

BACA JUGA:BCA Dollar Kemudahan Menabung Sekaligus Berinvestasi, Tersedia 2 Pilihan Mata Uang Asing

Dalam laporan keuangannya, BCA Syariah mencatatkan laba bersih sebesar Rp42,07 miliar.

Di sisi lain, sebagai upaya mendukung UMKM di Indonesia, khususnya UMKM yang dibangun oleh para perempuan, BCA Syariah menggelar WEpreneur kedua yang merupakan program pemberdayaan dan pelatihan UMKM perempuan.

Program tersebut bagian dari implementasi strategi keuangan berkelanjutan BCA Syariah pada pilar institusi yang kontributif dan bertanggung jawab. Pada gelaran kali ini, BCA Syariah berkolaborasi dengan SheStarts.id.

Melalui program tersebut, BCA Syariah memberikan pelatihan intensif kepada 40 UMKM binaan atau disebut BigSista melalui kelas bootcamp dari expert dan praktisi industri berpengalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: