HONDA

Pemanfaatan Abu Bakar untuk Menyuburkan Tanaman, Ternyata Sumber Kalium

Pemanfaatan Abu Bakar untuk Menyuburkan Tanaman, Ternyata Sumber Kalium

Ternyata sumber kalium, pemanfaatan abu bakar untuk menyuburkan tanaman.--Facebook/ruang organik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemanfaatan abu bakar untuk menyuburkan tanaman bukan hal yang mustahil karena ternyata di dalamnya terdapat sumber kalium.

Campuran dari abu bakar ini menjadi nutrisi yang baik untuk kebutuhan hara tanah sehingga akan disalurkan melalui akar tanaman yang dapat membuat tanaman berbunga dan berbuah.

Tentunya tidak baik juga menggunakan secara berlebihan karena akan mengganggu pH dalam tanah untuk itu perlunya penggunaan abu bakar secara sesuai dengan porsinya.

Abu bakar bukan bahan utama yang harus digunakan namun kepentingannya dalam menambah kesuburan tanah adalah dilakukan dalam porsi yang sesuai dan tidak perlu berlebihan.

BACA JUGA:Pestisida Nabati dari Serai dan Bawang Putih, Begini Cara Pembuatannya

Berikut ini pemanfaatan Abu bakar dalam menyuburkan tanaman yang salah satunya mengandung sumber kalium dikutip dalam akun Facebook Ruang Organik :

1. Sumber Kalium (K)

Abu bakar mengandung sumber kalium tentunya berguna sekali dalam pembentukan salah satu unsur hara makro penting bagi pertumbuhan tanaman yang dapat berguna pada akar tumbuhan. 

Kalium ini ternyata bisa membantu proses fotosintesis, regulasi tekanan osmosis, dan meningkatkan toleransi tanaman terhadap penyakit dan stres lingkungan yang menjadi nutrisi penting.

Untuk itu pemanfaatannya dapat mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan pada tanaman yang dapat tumbuh dengan baik menggunakan abu bakar ini.

BACA JUGA:Membuat Pestisida Nabati dari Cabai Merah yang Ampuh Membasmi Kutu Daun, Begini Caranya

2. Regulasi pH Tanah

Abu bakar dapat membantu mengatur pH tanah karena sifatnya yang bersifat basa sehingga jika tanah terlalu asam, penambahan abu bakar ini dapat membantu menaikkannya sehingga menjadi netral.

Begitupun sebaliknya ketika tanah tersebut mengandung sedikit basa dapat mendukung pertumbuhan tanaman yang sehat dalam penggunaannya secara bijak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: