BANNER KPU
HONDA

5 Manfaat Sawi yang Sangat Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Kolesterol

5 Manfaat Sawi yang Sangat Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Kolesterol

5 Manfaat Sawi yang Sangat Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Kolesterol--Instagram.com/ sonianll

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tak berbeda dengan sayuran yang memiliki daun gelap lainnya, sayur sawi juga memiliki kandungan serat, vitamin, fitonutrien dan mineral yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Sawi ini mempunyai berbagai warna daun, namun yang lebih sering kita temui adalah yang berdaun hijau dan putih. Dimana jenis sayuran ini bisa dikatakan sebagai salah satu makanan super karena memiliki kandungan gizi yang begitu sangat tinggi.

Menikmati sayur sawi sebenarnya terbilang sangatlah mudah, Anda tentunya bisa memasaknya menjadi sayuran berkuah, tumisan, atau menjadi campuran makanan lainnya.

Dikonsumsi di saat dingin maupun hangat, sayur sawi tetap akan memberikan manfaat kesehatan. Selain itu, sayuran ini juga akan tetap menawarkan kelezatan yang tidak akan tergantikan.

BACA JUGA:Tips Berkebun Sayur di Rumah untuk Pemula, Mulailah Menanam pada Pot atau Polybag

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat dari sawi yang sangat baik untuk kesehtan tubuh, antara lain:

1. Menurunkan Kolesterol

Sawi memiliki senyawa yang sangat berperan dalam mengikat empedu pada sistem pencernaan. Hal ini sangatlah penting karena akan bisa mencegah terjadinya reabsorbsi asam empedu dan berkaitan langsung dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam jurnal Food Chemistry, sebuah studi lain yang dipublikasikan di dalam Nutrition Research telah mengungkapkan dengan mengolah sayuran sawi secara kukus maka secara signifikan sangat mampu untuk meningkatkan dampak pengikatan terhadap asam empedu.

Artinya, dengan mengonsumsi sayur sawi yang diolah dengan cara dikukus tentu akan memberikan manfaat yang lebih dalam menurunkan kolesterol darah bila dibandingkan dengan metode lainnya. 

BACA JUGA:4 Resep Olahan Sayur Pakis yang Simpel dan Enak, Bisa Membangkitkan Nafsu Makan!

2. Meringankan Gangguan Pernapasan

Sawi juga memiliki banyak vitamin dan mineral yang efektif untuk memerangi infeksi virus seperti pilek dan juga flu.

Dimana kandungan vitamin C pada sayuran ini juga diklaim sangat mampu untuk membantu meredakan peradangan, karena sinus dan juga dapat mengurangi risiko terserang penyakit asma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: