BANNER KPU
HONDA

Murah dan Bergizi, Ternyata Ini 5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan Tubuh

Murah dan Bergizi, Ternyata Ini 5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan Tubuh

Murah dan Bergizi, Ternyata Ini 5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan Tubuh--Instagram.com/ aratamart.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Selain menjadi pilihan hidangan yang lezat untuk sehari-hari, ternyata tahu juga dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Tahu adalah makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini yang terbuat dari kacang kedelai yang sudah difermentasi dan mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting juga baik untuk kesehatan. 

Nah, apa saja manfaat tahu untuk kesehatan? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tahu yang sangat perlu untuk Anda ketahui, yakni:

1. Membantu mengontrol kadar gula darah

Tahu memang memiliki kandungan karbohidrat yang relatif rendah.

BACA JUGA:4 Resep Masakan Serba Tahu, Cocok untuk Lauk dan Cemilan

Karbohidrat adalah sumber utama dari gula darah di dalam tubuh, dengan cara mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat tentu dapat membantu Anda menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Makanan ini juga mengandung serat yang tinggi, dimana serat memiliki peran yang penting untuk mengontrol kadar gula darah karena dapat memperlambat penyerapan glukosa di dalam tubuh. 

2. Tahu membantu menurunkan kolesterol

Tahu ternyata mengandung serat makanan yang sangat tinggi, dimana serat larut yang ada didalamnya tentu dapat membantu mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan juga dapat mencegah penyerapan kolesterol ke dalam darah. 

Dengan cara meningkatkan asupan serat, terutama dengan serat larut maka tahu dapat membantu untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

BACA JUGA:7 Manfaat Konsumsi Buah Nanas untuk Tubuh, Perkuat Tulang hingga Obati Batuk Pilek

Selain itu juga, tahu juga mengandung fitosterol, yaitu senyawa yang sangat mirip dengan struktur kolesterol. Fitosterol juga dapat bersaing dengan kolesterol dalam penyerapan ke tubuh.

Dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung fitosterol  tinggi, penyerapan kolesterol tentu dapat berkurang sehingga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: