BANNER KPU
HONDA

4 Fakta Menarik Mengenai Kopi Geisha Panama, Varietas Termahal di Dunia

4 Fakta Menarik Mengenai Kopi Geisha Panama, Varietas Termahal di Dunia

4 Fakta Menarik Mengenai Kopi Geisha Panama, Varietas Termahal Di Dunia--Instagram/lamarzoccoid

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - 4 fakta menarik mengenai kopi Geisha yang merupakan varietas termahal di dunia yang memiliki banyak sekali penghargaan kompetisi kopi.

Kopi ini merupakan varietas yang diluar normal karena harganya yang eksklusif, selalu menang dalam setiap kompetisi dan mempunyai cita rasa yang luar biasa.

Rasanya yang eksotis membuat kopi Geisha ini dicintai oleh para penikmat kopi, meskipun harganya terbilang tinggi tetap saja menjadi salah satu favorit para pecinta kopi.

Khususnya para petani perkebunan di Panama, Amerika, yang merupakan langganan juara di berbagai kompetisi kopi sehingga menjadi daya tarik tersendiri pada pecinta kopi.

BACA JUGA:Paling Disukai, Ternyata Ada Sisi 'Mistik' dari Aroma dan Rasa Kopi Geisha

Untuk pertama kali kopi Geisha sampai di Panama pada tahun 1960 dibawa keluarga Peterson, ditanam di perkebunan mereka yang dikenal dengan Hacienda La Esmeralda.

Hacienda La Esmeralda merupakan salah satu perkebunan kopi Geisha terbaik di dunia sejak tahun 2024 sehingga membuat permintaan terhadap kopi ini melonjak tinggi.

Berikut ini 4 fakta mengenai kopi Geisha yang berasal dari Panama yang menjadi varietas yang termahal dan selalu memenangkan kompetisi :

1. Aslinya Ghesa Bukan Gheisa

Aslinya kopi ini bernama Ghesa bukan Geisha yang berasal dari Ethiopia, untuk pertama kalinya varietas ini dikembangkan inilah awal masuknya varietas terbaru dari kopi.

BACA JUGA:Siapa Sangka? Ternyata Ini Penyebab Racikan Kopi Kurang Enak

Kemudian varietas Ghesa ini berkembang sampai ke Eropa untuk pertama kalinya mendiami Panama Amerika Tengah khususnya Kostarika pada awal abad ke-19.

Karena nama Geisha Lebih populer dibandingkan nama Ghesa kemudian banyak yang salah sebut mengenai kata-kata tersebut dan sekarang lebih dikenal dengan kata Geisha.

Meskipun sampai saat ini nama tersebut masih menjadi perdebatan di kalangan pecinta kopi namun sampai saat ini nama Geisha yang paling populer untuk varietas kopi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: