BANNER KPU
HONDA

4 Fakta Menarik Mengenai Kopi Geisha Panama, Varietas Termahal di Dunia

4 Fakta Menarik Mengenai Kopi Geisha Panama, Varietas Termahal di Dunia

4 Fakta Menarik Mengenai Kopi Geisha Panama, Varietas Termahal Di Dunia--Instagram/lamarzoccoid

2. Hacienda La Esmeralda

Hacienda La Esmeralda meskipun namanya yang unik, namun ini bukan merupakan judul dari sebuah film tapi ini merupakan sebuah perkebunan di Panama yang menghasilkan kopi Geisha terbaik.

BACA JUGA:Mengulas Sejarah Kopi Luwak, Ternyata Muncul di Abad ke 18

Perkebunan ini mendominasi bagaimana perindustrian kopi dan pembibitan varietas dari kopi Geisha tersebut tersalurkan melalui perkebunan Hacienda La Esmeralda.

Seperti diawal dikatakan bahwa perkebunan ini milik dari keluarga petterson yang pertama kali membawa bibit varietas kopi Geisha pada tahun 1967 dia merupakan presiden bank of America.

Rudolph A Peterson awalnya ingin menghabiskan hari tuannya untuk mengurus perkebunan. Namun siapa sangka ternyata perkebunan tersebut menjadi industri kopi Geisha yang terbaik di Panama.

Saat ini pihak keluarga lah dan anak keturunan dari Peterson yang mengurus perkebunan Hacienda La Esmeralda yang merupakan perkebunan terbaik kopi Geisha di Panama.

BACA JUGA:Ternyata Minum Kopi Bagus untuk Tubuh! Kata Dokter Tirta Dianjurkan Pagi Hari

3. Wilayah Tumbuh

Wilayah tumbuhnya kopi Geisha ini tidak bisa sembarangan karena ketinggian mempengaruhi terbaiknya kopi tersebut khususnya daratan tinggi yang berada di Panama.

Boquete merupakan salah satu tempat yang ditenggarai sebagai daratan tinggi yang cocok sekali untuk penanaman perkebunan kopi Geisha ini dengan ketinggian 400 sampai 1900 mdpl.

Boquete sendiri merupakan tempat yang paling terkenal di Panama sebagai produsen kopi Geisha terbaik daerah pegunungan ini menjadi tempat istimewa dalam varietas kopi Geisha. 

Valcan Candela juga salah satu tempat penghasil produsen biji kopi Geisha dengan ketinggian 1200 hingga 1.500 mdpl yang merupakan komoditas utamanya adalah kopi Geisha di Panama.

BACA JUGA:7 Resep Es Kopi Kekinian dan Viral yang Mudah Dibuat di Rumah

Terakhir daerah Renacimiento yang merupakan juga salah satu tempat penghasil produsen biji kopi Geisha yang berada di Kosta Rika Amerika Tengah dengan ketinggian 1100 hingga 1.500 mdpl.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: