BANNER KPU
HONDA

Nuansa Kebudayaan Diperkuat dalam Festival Tabut 2024, Masuk Kalender Event Nusantara

Nuansa Kebudayaan Diperkuat dalam Festival Tabut 2024, Masuk Kalender Event Nusantara

Masuk kalender event Nusantara, nuansa kebudayaan diperkuat dalam Festival Tabut 2024.--ANTARA/Boyke Ledy Watra

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemerintah Provinsi Bengkulu memperkuat aspek kebudayaan dalam penyelenggaraan Festival Tabut 2024 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar, konsep kebudayaan, wisata, dan potensi Bengkulu lebih ditonjolkan dalam Festival Tabut Bengkulu 2024.

"Ini tercermin dari penambahan beragam kesenian dan fashion show Kain Besurek, serta kegiatan lomba cerita daerah dan lomba mewarnai Kain Besurek untuk anak-anak," ujarnya dikutip antaranews.com, Selasa, 11 Juni 2024.

Festival Tabut setiap tahunnya menghadirkan sejumlah kegiatan budaya, seperti prosesi budaya ritual Tabut, musik dol, tari kesenian daerah, dan arak-arakan bangunan tabut serta telong-telong.

BACA JUGA:Festival Tabut 2024 Gunakan Jasa Event Organizer, Pemprov Bengkulu Siapkan Anggaran Rp600 Juta

BACA JUGA:Hadiri Rakor Komisi Informasi Pusat, Diskominfotik Bengkulu Komitmen Optimalkan Keterbukaan Informasi Publik

Di Festival Tabut 2024, Provinsi Bengkulu menambah sejumlah kegiatan budaya lainnya untuk memperkuat kesan pengunjung terhadap festival ini, yang telah dimasukkan dalam Kalender Event Nusantara (KEN) 2024 oleh Kemenparekraf RI.

Festival Tabut Bengkulu sendiri merupakan satu dari dua agenda di Provinsi Bengkulu yang terdaftar dalam KEN 2024 Kemenparekraf RI bersama Festival Gurita sebagai event nasional.

Menurut Murlin, Pemerintah Provinsi Bengkulu terus berupaya untuk menyajikan hal yang berbeda dalam Festival Tabut Bengkulu 2024, termasuk dalam konsep penampilan.

"Anggaran tahun ini untuk festival kami siapkan sebesar 600 juta rupiah, lebih dari tahun sebelumnya. Kami juga mengalokasikan bantuan sebesar 100 juta rupiah untuk KKT," jelasnya.

BACA JUGA:Mengenal Syekh Burhanuddin, Pelopor Perayaan Tabut Pertama Kali di Bengkulu

BACA JUGA:Akses Menuju ke Sekolah Terkendala Pembangunan Jembatan, PPDB SMAN 8 Rejang Lebong Digelar di 3 Lokasi

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menekankan pentingnya persiapan matang untuk penyelenggaraan Festival Tabut 2024 yang akan digelar pada awal Juli 2024.

Gubernur juga menegaskan bahwa pelaksanaan Festival Tabut Bengkulu 2024 akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: