BANNER KPU
HONDA

Serukan Pembelajaran Menyenangkan Transisi Paud ke SD, Derta Rohidin: Anak Usia Dini Tidak Wajib Calistung

Serukan Pembelajaran Menyenangkan Transisi Paud ke SD, Derta Rohidin: Anak Usia Dini Tidak Wajib Calistung

Serukan Pembelajaran Menyenangkan Transisi Paud ke SD, Derta Rohidin: Anak Usia Dini Tidak Wajib Calistung--MCpemprovBengkulu/Rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bertempat di Aula Soekarno BPMP Provinsi Bengkulu, Bunda PAUD Provinsi Bengkulu Derta Rohidin membuka kegiatan Pembelajaran Berbasis Project pada Jumat 28 Juni 2024.

Kegiatan Pembelajaran Berbasis Project ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Guru Paud/TK/RA se-Provinsi Bengkulu dalam melaksanakan pembelajaran bagi peserta didik PAUD yang tepat. 

Dalam sambutannya, Derta Rohidin mengatakan jika anak usia dini harus diberikan pembelajaran yang menyenangkan seperti yang diharapkan dalam gerakan transisi PAUD - SD yang menyenangkan.

"Anak-anak usia dini tidak wajib diajarkan Calistung (baca, tulis, dan berhitung). Namun, boleh saja diajarkan Calistung tetapi dengan cara yang menyenangkan dan tidak memiliki target 'harus bisa'," ucapnya.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Sediakan Karpet Merah Bagi Para Investor, Permudah Layanan Perizinan Investasi

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Salurkan Bantuan untuk Masyarakat yang Terkena Musibah Kebakaran di 2 Lokasi

Menurutnya, beberapa perubahan perlu diterapkan seperti pembelajaran yang membangun enam pondasi anak.

Yakni mengenalkan anak dengan nilai agama dan budi pekerti, mengajarkan keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi dan mengajarkan kematangan emosi.

Selain itu juga penting untuk belajar literasi, mengembangkan keterampilan motorik dan pemaknaan belajar yang positif pada anak usia dini.

"Kolaborasi antara Guru PAUD dan SD serta dukungan dari orang tua sangatlah penting. Bangun komunikasi terbuka dan aktivitas sosial yang menyenangkan serta ramah anak sehingga ke depan anak-anak kita menjadi generasi emas," kata Derta.

BACA JUGA:3 Resep Olahan Serba Daun Singkong yang Menggugah Selera Makan

BACA JUGA:Bahaya! 5 Jenis Hewan Ini Tanpa Babibu Bakal Menyerang Manusia Jika Wilayahnya Diusik

Adapun kegiatan ini terlaksana untuk meningkatkan kemampuan tenaga pendidik PAUD/TK/RA se-Provinsi Bengkulu.

"Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan perlu terus disosialisasikan, sehingga pemahaman guru-guru PAUD/TK/RA dapat memberikan pembelajaran pendidikan yang tepat sesuai dengan yang ditetapkan Kemendikbud," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu melalui Kepala Bidang Pembinaan SMA, Tri Marnove.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: