HONDA

Manfaat Berhitung Bagi Anak Usia Dini dan Cara Mengajarkan Anak Supaya Cepat Berhitung

Manfaat Berhitung Bagi Anak Usia Dini dan Cara Mengajarkan Anak Supaya Cepat Berhitung

Manfaat Berhitung Bagi Anak Usia Dini dan Cara Mengajarkan Anak Supaya Cepat Berhitung--Instagram.com/ berhitungmandiri

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Berhitung ialah kemampuan kognitif yang mencakup untuk mengurutkan bilangan atau angka, dan memanipulasi jumlah yaitu seperti penjumlahan dan juga pengurangan.

Berhitung memang menjadi salah satu kemampuan kognitif dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang dari sejak usia dini. 

Hampir setiap hari kita pasti akan membutuhkan kemampuan untuk menghitung dasar, contohnya dalam hal jual beli, mengetahui waktu, jarak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sehingga sangat penting untuk mengajarkan anak untuk berhitung bila ia sudah sangat mampu. 

Dengan mengajarkan anak berhitung, terutama di saat sebelum masuk sekolah, maka akan meningkatkan kesiapan anak untuk memahami konsep matematika lain yang akan diajarkan di masa depan.

Contohnya penjumlahan, pengurangan, perkalian dan juga dengan pembagian.

BACA JUGA:Manfaat Mengajarkan Anak Menabung dan Tips Cara Menabung yang Benar

BACA JUGA:Penyebab Sakit Perut pada Anak, Waspadai Bahaya Penyakit Ini

Untuk mengajari dan melatih anak berhitung pasti akan membutuhkan pendekatan yang sistematis dan juga disesuaikan dengan perkembangan anak.

Maka berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda terapkan yang telah Rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber, yaitu sebagai berikut ini:

1. Mulailah dengan Konsep Dasar Angka

- Pengenalan Angka

Ajarkan anak mengenali angka-angka dasar (1-10) terlebih dahulu. Gunakan benda-benda nyata, kartu angka, atau poster angka yang jelas untuk membantu mereka mengenali dan mengingat angka-angka tersebut.

- Urutan Angka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: