HONDA

BMKG Prakirakan Hari Ini 20 Kota di Indonesia Hujan Ringan hingga Sedang, Termasuk Bengkulu

BMKG Prakirakan Hari Ini 20 Kota di Indonesia Hujan Ringan hingga Sedang, Termasuk Bengkulu

Termasuk Bengkulu, BMKG prakirakan hari ini 20 kota di Indonesia hujan ringan hingga sedang.--Heri/rakyatbengkulu.com

RAKYATBENGKULU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tentang potensi hujan ringan, sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar di Indonesia pada Sabtu, 7 September 2024.

BMKG prakirakan hari ini sebanyak 20 kota di Indonesia mengalami hujan ringan hingga sedang, termasuk di Bengkulu.

Menurut prakirawan Nurul Iza Fitria, angin di wilayah Indonesia didominasi dari arah timur tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 km/jam.

Berbagai kota besar di Indonesia diprakirakan akan mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, seperti Medan, Padang, Tanjung Selor, Mamuju, Nabire, dan Jayawijaya.

BACA JUGA:Kemendikbudristek Luncurkan Program Dana Abadi Pendidikan untuk Mendukung Ekonomi Hijau

BACA JUGA:8 Tips Jitu untuk Mengusir Rayap, Serta Pencegahan Agar Tidak Datang Kembali

Selain itu, beberapa kota besar lainnya diprakirakan akan mengalami hujan ringan hingga sedang. Kondisi tersebut diperkirakan akan berlangsung di 20 kota di Indonesia.

Seperti Banda Aceh, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Bengkulu, Lampung, Serang, Denpasar, Mataram, Pontianak, Samarinda, Palangkaraya, Banjarmasin, Gorontalo, Kendari, Makassar, Manado, Ternate, Sorong, Ambon, dan Jayapura.

Namun, beberapa kota besar diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari ini, seperti Palembang, Pangkal Pinang, Jambi, Jakarta, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Kupang, Palu, Manokwari, dan Merauke.

Lebih lanjut, BMKG memprakirakan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia umumnya berada di kisaran 0.5 hingga 2.5 m. BMKG juga memberikan himbauan waspada banjir rob di wilayah pesisir Sumatera Utara.

BACA JUGA:5 Jenis Pohon yang Tahan Terhadap Serangan Rayap dan Tumbuh di Indonesia

BACA JUGA:5 Bahan Ampuh untuk Mengusir Rayap

Selain itu, pihaknya juga mewaspadai adanya wilayah yang berpotensi sangat mudah terbakar di sebagian besar wilayah Sumatera (kecuali Aceh dan Sumatera Barat).

Lalu, sebagian besar wilayah Pulau Jawa, Nusa Tenggara Barat, sebagian kecil wilayah Sulawesi bagian Selatan, Sulawesi Tenggara dan juga wilayah Papua bagian Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: