HONDA

Potensi Kerawanan Pilkada Mukomuko Kategori Sedang, Bawaslu Fokus pada Netralitas ASN dan Politik Uang

Potensi Kerawanan Pilkada Mukomuko Kategori Sedang, Bawaslu Fokus pada Netralitas ASN dan Politik Uang

Potensi Kerawanan Pilkada Mukomuko Kategori Sedang, Bawaslu Fokus pada Netralitas ASN dan Politik Uang--Dok/KORANRB.ID

 

“Kita berharap kepada Paslon nanti bersikap dewasa, untuk dapat berkampanye menjelaskan visi misi dan programnya, jangan sampai adanya money politik saat kampanye,” tegas Teguh.

 

Pengawasan Ketat Terhadap Incumbent

 

Teguh juga menyebutkan bahwa salah satu Bakal Pasangan Calon (Bapaslon), yakni Sapuan dan Wasri, mendapat perhatian khusus dari Bawaslu, mengingat posisi mereka sebagai petahana.

 

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh Bapaslon ini dipantau untuk mencegah adanya kampanye terselubung yang memanfaatkan posisi kekuasaan sebagai kepala daerah aktif.

 

“Meskipun belum penetapan calon, karena incumbent sedang menjabat, tentu secara khusus mendapat pengawasan kami. Ini untuk mengantisipasi pelanggaran terhadap ketentuan Pilkada, seperti politisasi program,” jelas Teguh.

BACA JUGA:Shio Ular di Tahun Ular Kayu Tahun 2025! Prediksi Keberuntunganmu di Januari 2025

BACA JUGA:8 Jenis Itik Petelur Potensial di Indonesia, Menguntungkan untuk Dibudidaya

 

Tindakan Tegas jika Ditemukan Pelanggaran

 

Untuk memastikan Pilkada 2024 berjalan dengan jujur dan adil, Bawaslu juga melibatkan tim pengawas di tingkat kecamatan hingga desa untuk mengawasi setiap kegiatan kepala daerah maupun Paslon lainnya.

 

Jika ditemukan adanya pelanggaran, Bawaslu siap mengambil tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku.

 

“Kalau memang ada pelanggaran, akan kami tindaklanjuti sesuai dengan aturan. Termasuk Bapaslon lainnya juga akan diawasi oleh Bawaslu,” tutup Teguh.

 

Dengan langkah-langkah antisipatif ini, Bawaslu Mukomuko berkomitmen menciptakan Pilkada 2024 yang bersih, transparan, dan bebas dari segala bentuk kecurangan.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: