5 Kesalahan Komunikasi yang Harus Dihindari Agar Hubungan Lebih Efektif dan Berkesan
5 Kesalahan Komunikasi yang Harus Dihindari Agar Hubungan Lebih Efektif dan Berkesan--Foto: Freepik/rawpixel.com
RAKYATBENGKULU.COM - Komunikasi adalah bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu dalam hubungan personal, profesional, atau sosial.
Namun, tidak semua orang sadar bahwa ada beberapa kebiasaan dalam berkomunikasi yang justru dapat merusak hubungan.
Berikut adalah 5 hal yang perlu kita hindari dalam berkomunikasi agar pesan yang disampaikan lebih jelas dan hubungan tetap harmonis.
1. Terlalu Banyak Bicara, Sedikit Bertanya
Saat berkomunikasi, penting untuk tidak hanya fokus pada diri sendiri.
BACA JUGA:iPhone 17 Air, Rumor iPhone Tertipis yang Bikin Penasaran!
Terkadang, kita terlalu banyak berbicara tanpa memberi kesempatan kepada orang lain untuk berbicara.
Ini bisa menurunkan kualitas percakapan dan membuat lawan bicara merasa diabaikan.
Sebaliknya, dengan menunjukkan minat melalui pertanyaan, kita dapat memperkuat hubungan interpersonal dan menciptakan koneksi emosional yang lebih mendalam.
Percakapan yang efektif bersifat dua arah dan inklusif, di mana setiap pihak memiliki kesempatan yang sama untuk berbicara.
Menurut teori validasi sosial yang dikemukakan oleh Carl Rogers (1951), ketika seseorang merasa didengarkan dan dihargai, mereka akan lebih terbuka dan lebih percaya pada lawan bicaranya.
Oleh karena itu, sesekali berhenti dan beri ruang bagi orang lain untuk berbicara.
BACA JUGA:5 Tips Ampuh Mengelola Waktu Agar Lebih Produktif dan Tidak Menunda-nunda Pekerjaan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: