5 Kesalahan Komunikasi yang Harus Dihindari Agar Hubungan Lebih Efektif dan Berkesan
5 Kesalahan Komunikasi yang Harus Dihindari Agar Hubungan Lebih Efektif dan Berkesan--Foto: Freepik/rawpixel.com
BACA JUGA:Dilema Upgrade iPhone, Haruskah Kamu Beralih ke Model Terbaru?
2. Interupsi yang Tidak Diperlukan
Memotong pembicaraan orang lain bisa dianggap sebagai perilaku yang tidak sopan dan mengancam “citra” seseorang.
Dalam komunikasi, interupsi dapat menimbulkan perasaan tidak dihargai dan meningkatkan ketegangan dalam percakapan.
Seperti yang dijelaskan oleh Ting-Toomey (1988), interupsi mengganggu alur komunikasi dan dapat menciptakan ketegangan emosional.
Jika ingin menyampaikan pendapat atau bertanya, tunggu hingga orang lain selesai berbicara.
Memberi kesempatan kepada orang lain untuk menyelesaikan pikirannya akan menciptakan komunikasi yang lebih lancar dan menghormati setiap pihak yang terlibat.
3. Menggunakan Bahasa yang Sulit Dipahami
Penggunaan bahasa yang terlalu teknis atau rumit, terutama saat berbicara dengan orang yang tidak familiar dengan topik tersebut, dapat menyebabkan kebingungannya.
Sebaiknya gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, atau jelaskan istilah teknis dengan cara yang lebih mudah dipahami.
BACA JUGA:Hindari 5 Buah Ini Saat Sarapan, Bisa Ganggu Pencernaan dan Bikin Perut Kembung!
BACA JUGA:Masih Premium dan Elegan, iPhone 11 Pro di Tahun 2025 Masih Layakkah Dibeli?
Peneliti Berger dan Calabrese (1975) menekankan pentingnya mengurangi ketidakpastian dalam komunikasi, salah satunya dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami semua pihak.
Dengan demikian, komunikasi akan lebih efektif dan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara.
4. Berbicara Terlalu Cepat
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: