Hujan Disertai Angin Kencang Masih Berpotensi Terjadi

Sabtu 07-05-2022,17:27 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geografi (BMKG) Fatmawati Bengkulu memprediksi hingga Minggu (8/5) hujan masih berpotensi terjadi.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Fatmawati Bengkulu Zen Putri menjelaskan untuk kecepatan angin kencang berdurasi singkat juga masih berpeluang.

“Di kota sekitar 2-3 jam untuk yang intensitas sedangnya, intensitas ringannya bisa lebih lama,” jelas Zen Putri saat dikonfirmasi RB, Jumat (6/5).

Dijelaskan, berbeda dengan kondisi Kota Bengkulu, untuk Kabupaten Kepahiang diperkirakan beberapa wilayah sedang hujan sedang - lebat dengan durasi yang tak jauh berbeda.

BACA JUGA:  Liku Sembilan: Satu Korban Tewas Warga Pendopo Empat Lawang

Sementara itu, untuk waktu turunnya hujan ini masing - masing daerah memiliki perbedaan waktu. Misalnya untuk wilayah Bengkulu Tengah, hujan diperkirakan terjadi mulai dari siang hingga malam masih berpotensi hujan.

Sementara itu, di Kota Bengkulu hujan intensitas sedang hingga lebat cenderung terjadi sore hari hingga malam.  “Benteng dan Kepahiang frekuensi kejadian hujan biasanya terjadi mulai dari siang hari,” paparnya.

Mengingat, untuk saat ini selain masih musim penghujan faktor lokal. Seperti adanya belokkan angin yang mendorong terbentuknya proses awan cumulonimbus, yang menyebabkan terjadinya hujan sedang terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Ini berdampak pada aktifnya gelombang atmosfer dan adanya tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Sumatera dan Utara Sumatera ,yang menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan dan belokan angin wilayah Bengkulu.

BACA JUGA:  Waspada, Sisa Longsor Buat Jalanan Licin

Serta kelembapan udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas. Juga labilitas udara yang cukup kuat, di atas atmosfer Bengkulu menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan dihampir seluruh wilayah Bengkulu.

“Cuaca seperti itu, diprediksi terjadi hampir di semua kabupaten kota,” jelasnya.

Diantaranya, Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur, dan Pulau Enggano.

Jauhi Pohon Besar Sementara itu, untuk angin kencang masih akan sering terjadi. Wilayah Bengkulu beberapa hari nanti didominasi dengan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

“Waspadai potensi angin kencang,” pesannya. Apalagi jika melihat kondisi saat ini, yang akan dipadati oleh para pemudik usai hari libur lebaran. Sehingga memicu kemacetan dibeberapa titik, dan cuaca seperti demikian wajib diwaspadai.

“Waspadai bencana hidrometereologi, seperti banjir dan longsor, angin kencang akibat hujan deras dengan intensitas lama,” sampainya.

BACA JUGA:  Pohon Kalpataru Tumbang Makan Korban

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, melalui Kepala Bidang Tanggap Darurat BPBD Provinsi Bengkulu, Khristian Hermansyah, mengingatkan agar semua pihak mewaspadai potensi terjadinya bencana banjir.

Khususnya bagi kawasan rawan terjadi banjir.

“Semua wilayah yang masuk matriks resiko waspada, kita antisipasi ya khususnya titik titik rawan banjir maupun longsor,” sampainya, kemarin.

Ia mengimbau masyarakat agar mengantisipasi terjadinya banjir dan tanah longsor. Juga terkait angin kencang sesaat itu, harus diperhatikan.

Baca Selanjutnya>>>
Tags :
Kategori :

Terkait