Kaya Manfaat, Ini 10 Khasiat Tanaman Serai untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Kamis 07-12-2023,09:50 WIB
Reporter : Hendri Saputra
Editor : Heri Aprizal

Diketahui sekitar 55 spesies serai banyak ditanam di India Timur dan India Barat. 

Di dalam satu ons tanaman serai memiliki kandungan antara lain, Kalori 30 kal, Protein 1 gram, Lemak 0 gram, Karbohidrat 7 gram, Serat 0 gram, Gula 0 gram.

Terdapat juga kandungan lain pada tanaman serai seperti zat besi, kalsium, dan vitamin C, dimana Zat besi ini menjadi komponen penting untuk sel darah merah dan untuk proses pengiriman oksigen dari paru-paru.

Mengutip dari berbagai sumber terdapat beberapa manfaat dari tanaman serai antara lain:

BACA JUGA:Tak Disangka! Tanaman Tempuyung Bermanfaat untuk Kesehatan Organ Ginjal

1. Mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang

Pada minuman dari bahan serai ini memiliki kandungan antimikroba yang baik untuk tubuh, pada penelitian yang diterbitkan Journal National Institutes of Health, minyak esensial dari tanaman serai mempunyai kemampuan melawan mikroba.

Tanaman Serai dapat dipakai sebagai obat penyembuh luka dan infeksi, kandungan antimikroba ini bermanfaat untuk mencegah infeksi kulit, infeksi darah, infeksi usus, dan juga paru-paru.

2. Mengobati penyakit kulit 

Tanaman serai mempunyai sifat antijamur yang efektif untuk pencegahan penyakit kulit, melansir dari healthline.com, minyak serai ampuh mencegah penularan jamur pada area kulit. 

BACA JUGA:Ini ! Tanaman dan 7 Bahan Alami Paling Ampuh Usir Tikus

3. Kaya antioksidan dapat melawan radikal bebas yang merusak sel 

Tanaman serai memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan dalam serai yaitu asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonica. 

Adapun kandungan ini dapat membantu mencegah kelainan fungsi sel di dalam pembuluh darah jantung, pada penelitian di tahun 2015 menemukan tanaman serai ini dapat dijadikan obat kumur yang dapat dipakai untuk terapi radang gusi.

BACA JUGA:Jangan Buang Cangkang Telur! Bisa Dijadikan Pupuk Alami Kaya Manfaat untuk Tanaman

4. Mengurangi peradangan

Kategori :