4 Resep Masakan Serba Ampela Ayam yang Lezat, Hidangan Enak yang Gampang Dibuat di Rumah

Kamis 20-06-2024,08:30 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

BACA JUGA:Nama Pasaran di Indonesia, ‘Wringin’ Jadi Nama 35 Desa: Ini Daftar Lengkapnya

- Tumis bumbu halus (cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar bubuk, dan jintan) dengan sedikit minyak sampai harum dan matang. Aduk terus agar tidak gosong.

- Setelah bumbu halus matang, tambahkan daun salam, serai (yang sudah dimemarkan), dan daun jeruk. Aduk rata dan masak sebentar sampai aromanya keluar.

- Masukkan potongan ampela ayam ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata sampai ampela ayam terbalut bumbu.

- Tuangkan santan kental ke dalam panci. Masak dengan api sedang hingga mendidih sambil sesekali diaduk-aduk agar santan tidak pecah.

- Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan rendang ampela ayam mendidih perlahan-lahan. Aduk sesekali dan masak hingga santan mengental dan berminyak. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam, tergantung pada kekuatan api dan jumlah santan yang digunakan.

BACA JUGA:4 Resep Capcay Kuah yang Enak dan Menyegarkan, Cocok untuk Hidangan Keluarga

BACA JUGA:5 Resep Olahan Ikan Layang yang Enak dan Sederhana, Cocok untuk Lauk Makan Siang dan Malam

- Tambahkan garam secukupnya dan gula merah yang sudah disisir halus. Aduk rata dan masak kembali hingga bumbu meresap dan rendang ampela ayam matang sempurna.

- Setelah matang, angkat rendang ampela ayam dan sajikan selagi hangat dengan nasi putih hangat.

Dengan Anda mengikuti resep masakan tersebut, Anda pasti bisa untuk menikmati masakan ampela ayam yang kaya rempah dengan cita rasa yang khas, selamat mencoba!

 

Kategori :