Serba Serbi Festival Tabut 2024, Mulai dari Berburu Jajanan hingga Bermain Wahana Pasar Malam

Jumat 12-07-2024,16:14 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM   - Serba-serbi di festival 2024, disuguhkan beragam makanan hingga diwarnai pasar malam yang menjadi salah satu keunikan dan keistimewaan dari pagelaran setiap tahun Provinsi Bengkulu ini.

Festival tabut merupakan bagian dari kebudayaan yang terus dilestarikan oleh pemerintah maupun masyarakat keturunan dari keluarga sakral tabut hingga saat ini.

Tentunya pagelaran tabut ini dijadikan sebagai festival yang setiap tahun rutin dilaksanakan karena ini merupakan bentuk dari menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di Provinsi Bengkulu.

Biasanya festival tabut dimulai dari tanggal 1 Muharram sampai tanggal 10 Muharram, saat ini sedang berlangsung sehingga banyak sekali dagangan yang digelar di sana.

BACA JUGA:5 Orang Luka Berat, Bus Sriwijaya dari Bengkulu Alami Lakalantas Tunggal di Pesisir Barat Lampung

Berikut ini serba-serbi yang ada di festival tabut:

1. Makanan

Serba-serbi yang pertama yang menjadi ciri khas di festival Tabut itu sendiri adalah makanannya karena banyak sekali makanan yang ditawarkan di sana, baik itu makanan luar negeri ataupun makanan lokal.

Meskipun ini merupakan kebudayaan yang menjadi rutinitas tahunan namun para pedagang diberikan tempat khusus untuk menggelar dagangannya yang disebut dengan stand.

Stand ini berjejer khusus untuk disewakan kepada para pedagang baik itu dari daerah luar maupun lokal untuk menjajakan dagangannya berupa makanan-makanan ataupun produk lainnya.

BACA JUGA:Aneka Resep Bubur Nasi yang Enak dan Legendaris, Bisa Jadi Menu Sarapan hingga Makan Malam

Makanan di festival Tabut sangat banyak diantaranya adalah tanghulu, Mango Thai, jajanan Korea, es krim roll, cumi bakar, dan berbagai macam makanan yang ditawarkan di sana masih banyak lainnya.

2. Barang pecah belah

Barang pecah belah atau barang-barang perabotan juga menjadi salah satu incaran ibu-ibu dalam berjibaku melihat festival tabut yang merupakan bagian dari serba-serbinya.

Barang pecah belah ini biasanya menjadi idola para ibu-ibu untuk berbelanja dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka dimulai dengan harga yang variatif yaitu Rp5.000.

Di sana anda akan menemukan seperti gelas, mangkok, piring, pisau, alat perabotan dapur lainnya yang tentunya menjadi incaran para ibu-ibu yang ingin melengkapi koleksi dapurnya.

BACA JUGA:Resep Masakan Serba Tempe yang Menyehatkan, Dijamin Mantul dan Bikin Suka Makan

3. Pasar malam

Serba-serbi yang khusus pada festival tabut kali ini dan tahun-tahun sebelumnya adalah pasar malam tidak pernah ketinggalan dalam memeriahkan kebudayaan Provinsi Bengkulu.

Selalu setiap tahunnya pasar malam menjadi bagian dari serba-serbi yang ada di festival Tabut karena memberikan pilihan yang berbeda dari yang lainnya dalam hal memberikan permainan yang dikhususkan untuk pengunjung.

Pasar malam ini akan mengingatkan kita pada masa-masa kecil dulu sehingga bukan hanya dari kalangan anak kecil saja yang memainkan permainan di pasar malam namun bahkan dari kalangan orang tua.

Mulai dari permainan kincir atau bianglala, tong setan, rumah hantu, kereta mini, dan masih banyak permainan pasar malam yang tentunya akan memanjakan anak-anak maupun orang tua.

BACA JUGA:Susu Sintetis Mulai Dikembangkan, Dibuat di Laboratorium Tanpa Melibatkan Hewan, Bagaimana Rasanya?

Ditambah lagi ada permainan yang akan mendapatkan hadiah langsung seperti melempar balon hingga pecah. Siapa yang dapat memecahkannya bisa mengambil hadiah berupa boneka.

Berikut banyak sekali permainan yang lainnya yang ditawarkan jika memenangkan permainan tersebut anda akan mendapatkan hadiah langsung diantaranya boneka, jam dinding, dan masih banyak lagi.

Itulah serba-serbi yang ada di festival tabut  hingga pasar malam tidak pernah ketinggalan setiap tahunnya.

Kapan lagi mumpung masih ada, ayo langsung datang ke Lapangan Merdeka dalam memeriahkan Tabut.

 

Kategori :