Ratusan Prajurit Batalyon Infantri (Yonif) 144/JY Diterjunkan ke Papua, Jaga Kedaulatan NKRI

Kamis 18-07-2024,12:23 WIB
Reporter : Peri Haryadi
Editor : Peri Haryadi

Pembekalan tersebut sangat penting, dalam rangka mendukung tugas Satgas Pamtas RI-PNG 2024. 

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bagian dari persiapan operasional dan peningkatan kesiapan prajurit dalam menjalankan misi perdamaian di wilayah perbatasan.

BACA JUGA:5 Olahan Jamur Enoki Enak dan Unik, Cocok Buat Lidah Orang Indonesia!

BACA JUGA:Sering Digunakan untuk Racing, Ternyata Ini Manfaat dan Kerugian Penggunaan Gas Spontan

“Penugasan prajurit Yonif 144/Jaya Yudha ini dalam rangka mendukung Satgas Pamtas RI-PNG dalam menjaga keamanan dan ketertiban di perbatasan negara. Prajurit kita siap melaksanakan tugas dengan profesional dan mengedepankan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara," kata Komandan Yonif 144/Jaya Yudha, Letkol. Inf. Eko Siswanto, S.Hub.Int.

Sebelumnya prajurit Yonif 144/JY lanjutnya telah dibekali berbagai materi, diantaranya pengetahuan tentang situasi terkini di wilayah operasi.

Kemudian dibekali kemampuan navigasi dan orientasi di medan yang sulit, serta keterampilan dalam berinteraksi dengan masyarakat setempat. 

Ini sangat penting, dengan harapan dapat meningkatkan efektivitas operasional serta mendukung terjalinnya hubungan harmonis antara prajurit TNI dengan masyarakat di sekitar perbatasan.

“Prajurit Yonif 144/Jaya Yudha berkomitmen untuk menjalankan tugas dengan profesionalisme yang tinggi, demi menjaga kedaulatan dan keamanan wilayah perbatasan RI-PNG. Berbagai persiapan yang telah dilakukan sebelumnya, merupakan bagian integral dari upaya kami untuk melindungi kedaulatan negara dan masyarakat di wilayah perbatasan,” sampainya.

BACA JUGA:Minyak Duyung Sering Dikaitkan Miliki Kemampuan Magis, Benarkah Berkhasiat?

BACA JUGA:Enjoy dalam Pergaulan, Ini Tips Mengatasi Rasa Nggak Enakan dalam Pergaulan Sehari-hari

Ia mengajak seluruh prajurit untuk selalu menjaga kesehatan, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keprajuritan serta menjaga keharmonisan keluarga.

“Penugasan di wilayah perbatasan memiliki tantangan tersendiri yang membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang optimal,” ucapnya.

Dalam situasi yang semakin dinamis di wilayah perbatasan, tambahnya, kehadiran Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 144/Jaya Yudha akan menjadi penjamin keamanan dan kedaulatan yang tak tergantikan bagi negara Indonesia. 

“Mereka siap untuk bertindak sesuai dengan perintah yang diberikan, demi menjaga stabilitas dan keamanan di wilayah perbatasan terluar Indonesia,” pungkasnya.

Kategori :