Estetika dan Gaya, Ini 8 Manfaat dan Cara Meletakkan Karpet Ambal pada Ruang Tamu yang Benar

Selasa 06-08-2024,09:15 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

- Ukuran yang Tepat

Pilih ukuran karpet yang sesuai dengan ukuran ruang tamu. Karpet tidak boleh terlalu kecil hingga membuat furnitur tampak "terputus", dan juga tidak terlalu besar hingga menutupi seluruh lantai.

- Pusatkan Karpet

Untuk tampilan yang seimbang, pastikan karpet berada di tengah ruangan atau sejajar dengan dinding. Jarak antara karpet dan dinding sebaiknya sama di semua sisi, kecuali jika ruangan memiliki bentuk yang tidak simetris.

- Letakkan Furnitur di Atas Karpet

Sebisa mungkin, letakkan sebagian besar furnitur di atas karpet. Hal ini membantu menciptakan tampilan yang menyatu dan menghindari perasaan karpet yang terpisah dari ruangan.

- Pertimbangkan Aksesibilitas

Pastikan karpet tidak menghalangi pintu atau akses ke area lain. Karpet harus diletakkan dengan jarak yang cukup dari pintu sehingga tidak mengganggu pintu saat dibuka atau ditutup.

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Luapkan Keprihatinan Terhadap Dugaan Pungli oleh Oknum Dokter di RSUD, Ini Tindak Lanjutnya

BACA JUGA:Makna Kucing Tiba-tiba Mendekat, Bisa Jadi Membawa Pesan Penting

- Perhatikan Ketinggian Karpet

Pastikan karpet tidak terlalu tinggi sehingga mengganggu gerakan atau memicu risiko terjatuh. Pilih karpet dengan ketebalan yang sesuai agar aman dan nyaman.

- Gunakan Alas Karpet

Untuk mencegah karpet bergeser, gunakan alas karpet (rug pad) di bawahnya. Ini juga membantu memperpanjang umur karpet dan menjaga agar karpet tetap pada posisinya.

- Jaga Jarak dari Dinding

Karpet sebaiknya diletakkan dengan jarak beberapa inci dari dinding untuk memberikan ruang visual yang lebih baik dan menghindari kesan ruangan yang sesak.

Kategori :