Pemprov Bengkulu Siapkan Sistem Parkir Modern di Pantai Panjang Guna Tingkatkan PAD, Libatkan Pihak Ketiga

Senin 26-08-2024,20:08 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemerintah Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pariwisata dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pariwisata, tengah merencanakan penataan ulang parkir di kawasan Pantai Panjang.

Rencana ini mencakup penerapan sistem parkir modern dengan memasang sistem otomatis berbasis plang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri dalam rapat bersama Kepala Dinas Pariwisata, Murlin Hanizar, mengungkapkan bahwa pihaknya akan memberikan kesempatan kepada pihak ketiga yang berminat untuk mengelola lahan parkir di kawasan tersebut.

"Kami akan memfasilitasi pihak ketiga yang ingin mengelola parkir di kawasan Pantai Panjang. Ada beberapa spot yang memungkinkan mereka untuk mengelola, yang selama ini merupakan kewenangan Provinsi," ujarnya.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Pastikan Akses Kesehatan Gratis untuk Seluruh Warga

BACA JUGA:Waspada, Rabies Mengintai: 2 Ekor Anjing Gigit 3 Warga Masih Berkeliaran

Isnan juga menambahkan bahwa kehadiran pihak ketiga lokal yang memiliki komitmen akan membawa dampak positif, menciptakan ketertiban di area parkir Pantai Panjang, serta meningkatkan suasana dan optimisme dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar, menjelaskan bahwa pada tahun ini, sistem plang otomatis akan diterapkan terlebih dahulu di zona 3, yang terletak di belakang BIM.

Dari total tiga zona parkir di Pantai Panjang, nantinya akan ada delapan titik lahan parkir yang akan dikelola dan disewakan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang Retribusi dan Pajak Daerah Provinsi Bengkulu.

"Dari delapan titik lahan parkir tersebut, lahan akan disewakan per meter kepada pihak ketiga sesuai dengan ketentuan dalam Perda Retribusi dan Pajak Daerah," jelas Murlin.

BACA JUGA:7 Cara Memutihkan Kulit Ketiak Menggunakan Bahan Alami, Ketiak Putih dalam Sekejap

BACA JUGA:Kue Khas Tiongkok, Resep dan Cara Membuat Kue Bulan dengan Pasta Biji Teratai

Kategori :