Jagung Ketan: Rendah Gula, Tinggi Antioksidan, Cocok untuk Penderita Diabetes

Sabtu 07-09-2024,17:15 WIB
Reporter : Badri
Editor : Peri Haryadi

Salah satu keunggulan utama jagung hitam adalah kandungan antioksidan yang sangat tinggi. 

Antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, pola makan yang buruk, dan paparan zat-zat kimia berbahaya. 

Jagung hitam juga dipercaya dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah, menjadikannya pilihan baik bagi penderita diabetes.

Manfaat Lain dari Jagung Ketan Hitam

Selain membantu mengatasi diabetes, jagung ketan hitam juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

Selain itu, antosianin yang terdapat dalam jagung hitam juga diketahui dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar. 

BACA JUGA:7 Fakta Unik Galium, Elemen Kimia dengan Berbagai Sifat Fisik dan Kimia Berguna dalam Teknologi Modern

BACA JUGA:5 Sepeda Motor Bebek Honda yang Dikenal Awet dan Populer

Penelitian menunjukkan bahwa warna hitam pada jagung ini mengandung nutrisi yang berperan dalam pencegahan kanker dan memperlambat proses penuaan.

Kandungan zat besi dan seng dalam jagung hitam juga berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, jagung ketan hitam memiliki kadar protein yang lebih tinggi, sekitar 20 persen lebih banyak dibandingkan jagung kuning biasa. 

Kandungan asam amino seperti tryptophan dan lysine juga lebih tinggi, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh.

Jagung Ketan untuk Penuaan Dini dan Peradangan

Antioksidan yang tinggi dalam jagung hitam berperan dalam memperlambat proses penuaan dan membantu mengatasi masalah peradangan. 

BACA JUGA:Pembatalan Kencan Berujung Tewaskan 2 Warga Jambi, Ini Kaitannya dengan Kejadian Laka Tunggal Korban Wanita

BACA JUGA:5 Manfaat Rumput Krokot untuk Burung Kenari

Kategori :