Pemkot Bengkulu Resmi Terapkan MPP Digital Mulai 1 November 2024 untuk Permudah Layanan Perizinan

Kamis 17-10-2024,12:18 WIB
Reporter : Heri Aprizal
Editor : Heri Aprizal

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan secara resmi menerapkan Mall Pelayanan Publik (MPP) Digital pada tanggal 1 November 2024.

Langkah ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai layanan perizinan tanpa harus datang langsung ke kantor.

Dengan adanya MPP Digital, masyarakat dapat mengurus surat izin dan layanan administrasi lainnya secara online.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu, Irsan Setiawan, mengungkapkan bahwa MPP Digital akan terintegrasi langsung dengan pusat sehingga memungkinkan masyarakat mengakses pelayanan dari mana saja.

BACA JUGA:APBN 2025: Rp3,2 Triliun Mengalir ke Kabupaten Musi Banyuasin, Ini Rinciannya

BACA JUGA:Update Penyidikan Kasus Dugaan Korupsi Gedung Pengadilan Agama Mukomuko, Proses Tetap Berlanjut

"Mulai awal November, masyarakat yang ingin mengurus surat izin tidak perlu datang ke kantor MPP. Semua dapat dilakukan secara online melalui MPP Digital yang terhubung dengan pusat," jelasnya dikutip antaranews.com, Kamis, 17 Oktober 2024.

Penerapan MPP Digital ini merupakan langkah strategis setelah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, meresmikan MPP Kota Bengkulu sebagai salah satu mal pelayanan publik digital di Indonesia.

Dengan adanya MPP ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan akses layanan di bidang kesehatan, kependudukan, dan berbagai keperluan lainnya.

"MPP ini merupakan upaya Pemerintah Kota Bengkulu untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan administrasi dengan lebih mudah dan cepat. Kehadiran MPP Digital ini sangat penting dalam memberikan kemudahan," tambah Irsan.

BACA JUGA:APBN 2025: Kabupaten Lahat Terima Rp2,28 Triliun, Berapa yang Dialokasikan untuk Proyek Fisik?

BACA JUGA:Keren! Barbel Gelar Lokakarya Media Sosial, Membangun Soft Skill Anak Muda Bengkulu

Dengan MPP Digital, Pemkot Bengkulu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Salah satu tujuan utama dari penerapan MPP Digital adalah untuk mencegah praktik pungutan liar (pungli).

Pemkot Bengkulu memastikan bahwa seluruh layanan perizinan dan layanan lainnya di MPP tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

Kategori :