HONDA

Panitia Pengawas Belum Diaktifkan, Masih Menunggu Keputusan Bawaslu

Panitia Pengawas Belum Diaktifkan, Masih Menunggu Keputusan Bawaslu

BENGKULU- Jelang akan dimulainya tahapan pelaksanaan pilkada serentak oleh KPU, personel pengawasan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bengkulu yang terdiri Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Kelurahan (PPL) yang sebelumnya nonaktif akan segera diaktifkan. Namun untuk pengaktifan tersebut masih menunggu keputusan dari Bawaslu RI.

Ketua Bawaslu Kota Bengkulu, Rayendra Pirasad mengatakan ada sebanyak 27 anggota Panwascam di Kota Bengkulu, dan 67 anggota PPL yang akan diaktifkan kembali untuk bekerja melakukan pengawasan terhadap segala tahapan yang dijalankan oleh KPU dalam pelaksanaan pilkada serentak.

“Untuk pengaktifan personel pengawas, kita masih menunggu petunjuk Bawaslu RI. Sejauh ini kita juga menunggu terbitnya Peraturan KPU yang baru,” ujar Rayendra.

Rayendra menambahkan tugas pengawasan awalnya yang akan dilakukan Panwascam dan PPL yakni mengawasi proses validasi mata pilih untuk Pilgub 2020. Proses validasi mata pilih ini penting berkaitan dengan hak suara. “Personel kami nanti akan ketat mengawasi di lapangan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sejauh ini, lanjut Rayendra, Bawaslu Kota terus melakukan koordinasi bersama Bawaslu Provinsi Bengkulu dan Bawaslu RI terkait segala persiapan dalam pengawasan di lapangan. “Dalam suasana Covid-19, kita rutin koordinasinya secara virtual. Kepastian jadwal pelaksanaan pilkada sudah ada, tentu segala persiapan dimulai sekarang,” ujarnya. (new)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: