HONDA

Basket Putri USA Raih Emas Olimpiade ke Tujuh Beruntun

Basket Putri USA Raih Emas Olimpiade ke Tujuh Beruntun

RB ONLINE - Tim basket putri Amerika Serikat melanjutkan dominasi total mereka pada Olimpiade. Pada final Olimpiade Tokyo 2020 hari ini (8/8), Team USA mengalahkan Jepang dengan skor telak 90-75 di Saitama Super Arena.

Dengan kemenangan hari ini, Team USA meraih tujuh emas Olimpiade secara beruntun. Total, Team USA meraih sembilan emas dalam 11 partisipasi. Sangat luar biasa.

BACA JUGA: Pembalap Muda Ini Dijagokan Jadi Calon Pengganti Valentino Rossi

Sebaliknya, bagi tim basket putri Jepang, meraih perak adalah prestasi terbesar mereka dalam sejarah Olimpiade. Sebelum berhasil menembus final pada Tokyo 2020, Jepang maksimal cuma mampu menempati peringkat kelima pada Olimpiade Montreal 1976.

Tetapi perjalanan Jepang di kandang sendiri sangat luar biasa. Mereka hanya kalah dua kali dalam enam pertandingan. Dua-duanya melawan Amerika Serikat. Satu di fase grup. Satu lagi di final.

Pada perempat final, Jepang dengan dramatis mengalahkan Belgia dengan kemenangan cuma satu angka, 86-85. Pada semifinal, Jepang lagi-lagi menciptakan kejutan dengan membekap Prancis, 87-71.

Pada final hari ini, superstar Phoenix Mercury Brittney Griner tampil ganas. Center dengan tinggi 206 cm tersebut mencetak angka terbanyak dengan 30 poin.

Selain Griner, forward Las Vegas Aces A’ja Wilson juga tampil solid dengan mendulang 19 poin. Yang tak kalah krusial perannya adalah power forward Seattle Storm Breanna Stewart. Dia mencatat double-double, 14 poin dan 14 rebound.

Dari kubu Jepang, center Maki Takada menciptakan 17 poin. Sementara itu, point guard Nako Motohashi bangkit dari bangku cadangan untuk mendulang 16 angka.

BACA JUGA: Keceplosan! Anggota Keluarga Kerajaan Qatar Umumkan Messi ke PSG

Namun, memang, Jepang tidak bisa mengimbangi kualitas permainan, skill, size, dan pengalaman panjang Team USA. Jepang terus tertinggal mulai awal sampai akhir pertandingan.

Bagi salah seorang legenda basket putri terbesar dalam sejarah, Sue Bird, ini adalah emas Olimpiade kelima dalam karirnya. Bird yang sudah berusia 40 tahun, memulai mendulang emas di Athena 2004 dan terus berlanjut di Tokyo 2020.

Selain Bird, pemain senior lainnya, Diana Taurasi juga meraih lima emas Olimpiade secara beruntun.  Baca Selanjutnya>>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: